Ilustrasi patah hati (Istimewa)

JawaPos.com – Patah hati adalah fase yang paling menyakitkan dalam hubungan asmara. Kondisi itu bisa mempengaruhi psikologi atau mental karena kehilangan seseoramg yang kita cintai.

Di satu sisi, ada saat-saat kebersamaan yang hilang bersama orang yang kita sayangi. Akan tetapi di sisi lain, kita juga harus rela melepaskannya. Nah setelah itu, harus bagaimana?

Jangan menangis terus atau menyendiri di kamar. Anda masih bisa melakukan banyak hal yang positif dan kreatif. Matahari masih bersinar tanpa dia kok!

Beberapa hal ini akan positif Anda lakukan saat patah hati, seperti dilansir dari Pink Villa, Kamis (7/11).

1. Jangan Balas Dendam
Balas dendam adalah perasaan negatif yang akan membakar diri sendiri dan membuat lelah. Balas dendam tidak akam membuat kondisi menjadi lebih baik tetapi membuat Anda lebih buruk. Selain itu, balas dendam juga bisa membawa Anda ke jalur hukum.

2. Jangan Meminta Mantan Kembali
Sudah cukup sakit untuk dicampakkan dan ditinggalkan, maka jangan memaksa diri untuk mengemis. Mendapat penolakan hanya akan semakin membuat hati Anda hancur.

3. Jangan Drama Online
Dunia tidak perlu tahu bahwa Anda berpisah. Jadi jangan posting kutipan perpisahan atau rasa sedih dalam status atau profil media sosial. Anda juga tak perlu stalking atau membuntuti mantan via online.

4. Jangan Mengejar Mantan
Jangan meneror atau mengejar mantan lewat pesan singkat. Jagalah jarak sampai menghilang. Tunjukkan bahwa Anda kuat.

5. Jangan Pelarian
Jangan menyakiti diri sendiri dengan mencari pelarian langsung berkencan dengan yang lain. Jangan menghancurkan perasaan orang lain hanya karena dijadikan pelarian.

6. Jangan Tenggelam dalam Junk Food atau Alkohol
Jangan mencoba menghindari atau melarikan diri dari rasa sakit dengan banyak makan makanan tak sehat. Apalagi sampai lari pada alkohol.

7. Jangan Mengisolasi Diri
Temui orang-orang baru dan habiskan waktu bersama teman-teman. Jangan bicara soal mantan. Bicarakanlah hal-hal positif, jangan mengurung diri.

8. Jangan Mendengarkan Lagu atau Menonton Film Sedih
Cara itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk dan mungkin jauh lebih sulit untuk melupakan mantan. Karena setiap menonton dan menyanyi, Anda akan menangis.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

IKLAN