Surono Ternyata Dibunuh oleh Anak dan Istrinya

Kapolres Jember, Alfian Nurrizal saat melakukan gelar perkara pembunuhan Surono.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Surono ,51, warga Dusun Jurojuh, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, ternyata dibunuh oleh Bahar Mario, 26, anaknya, bersama Busani, 45, istrinya, tujuh bulan lalu.

“Kedua tersangka merencanakan dan melakukan pembunuhan secara bersama-sama,” terang Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal dalam pers rilis pada Kamis (7/11).

Alfian menceritakan kronologis kematian Surono yang dibunuh pada akhir bulan April 2019. Korban dibunuh pada tengah malam, saat itu Surono yang tertidur pulas di lantai langsung dihantam oleh Bahar dengan linggis besi seberat 10 kg yang mengenai pipi sebelah kiri. “Seketika korban tewas karena pendarahan hebat dari pecahnya rahang kiri hingga tulang pipinya,” ujarnya.

Busani melihat langsung aksi sadis yang dilakukan anaknya. Bahkan Busani sempat turut menyeret jasad korban yang berada di lantai dan dipindahkan ke belakang rumah untuk dikuburkan oleh Bahar saat itu juga.

Beberapa hari kemudian, tempat mengubur korban awalnya hanya berupa halaman tanah yang dipasangi pagar dari buluh bambu, sekarang diubah menjadi musala dan dapur.

Pembangunan ruangan baru itu menggunakan sebagian uang yang diambil Bahar dari tas korban. “Diambil tas korban langsung usai pembunuhan, ada uang Rp6 juta. Dibagi bersama kedua tersangka,” ujar Alfian.

Kedua tersangka berusaha menutup rapat aksi pembunuhan itu dengan menambah beton setebal 25 centimeter dan memasang keramik di atas lokasi penguburan korban yang ada di dapur rumahnya.

Selain menetapkan dua tersangka, polisi mengamankan 11 barang bukti yang disita sebagai petunjuk kuat mengungkap kasus ini. Alfian mengatakan, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 340 KUHP, subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup atau maksimal 20 tahun penjara.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor :