Bisnis Kaus Khas Jember Semakin Bergairah

KHAS JEMBER: Pengunjung pameran UMKM di Lippo Plaza saat melihat produk kaus produk Skill Denim.

JEMBER, RADARJEMBER.ID Para pengusaha kaus semakin kreatif dalam mengembangkan bisnisnya. Mereka membuat berbagai desain tulisan khas Jember yang menarik. Tak heran, kaus ini semakin diminati oleh banyak kalangan. Tak hanya generasi milenial, namun juga kalangan orang tua dan dewasa.

Salah satu produk kaus khas Jember yang cukup ternama adalah Skill Denim. Kaus ini dipamerkan dalam kegiatan pameran UMKM Lippo Plaza Jember yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Jember. Banyak kaus berkualitas dengan harga terjangkau bisa didapatkan di sana.

“Bisnis kaus terus berkembang seiring dengan Jember yang terus berkembang,” kata Farid Agus Santoso, pemilik Skill Denim. Menurut dia, Skill Denim menggunakan bahan yang lembut, kualitasnya tidak kalah dengan kaus ternama.

“Pemesanan bisa kami proses dengan cepat, tergantung jumlahnya,” tuturnya. Kaus Skill Denim dikenal dengan produk yang bisa dipesan dengan cepat, murah, dan berkualitas. Bahkan, harganya mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 100 ribu ke atas.

Dia menilai, potensi Jember begitu besar untuk mengembangkan usaha konveksi. Produk UMKM bisa menjadi alternatif untuk membuka lapangan kerja. Seperti yang sudah dilakukan oleh Skill Denim.

“Pasar kami sampai ke luar Jawa, bahkan ke luar negeri juga pernah,” ucapnya. Selama ini, Farid menjual produknya dengan cara konvensional. Belum bergerak pada penjualan daring. “Namun, mayoritas pembeli kaus Skill Denim yang rutin di Tapal Kuda,” tuturnya.

Skill Denim terus mencari pasar baru melalui pameran UMKM. Sebab, pangsa pasar cukup tinggi ketika mengikuti pameran. Dari sana, dia bisa mengeluarkan berbagai produknya. “Kaus untuk anak-anak juga ada,” ujarnya.

Pameran produk lokal di atrium Lippo Plaza Jember diisi oleh para pelaku UMKM Jember. Banyak produk yang dipamerkan di dalamnya, meliputi kuliner, kerajinan, dan lainnya.

Selain itu, acara bazar ini dimeriahkan oleh kegiatan yang akan diisi oleh berbagai komunitas. Di antaranya band akustik, talk show bisnis, dan lomba mewarnai.

Henky Kurniawan, ketua panitia event mengatakan, pameran tersebut berlangsung hingga 17 November 2019. Pengunjung yang datang bisa memanfaatkan berbagai kesempatan menarik. Tak hanya belanja, namun juga bisa menikmati hiburan yang disediakan.

Setiap weekend, kegiatan ini diisi dengan penampilan   musik. Jumaat Sabtu dan Minggu depan akan dimeriahkan oleh grup band yang tergabung dalam Komunitas Musisi Jember (KMJ). “Hari Sabtu ada kegiatan  bincang bisnis dan tutorial hijab oleh Immawati Collection,” ucapnya.

Pengunjung  bisa mendapatkan banyak hal dalam kegiatan expo ini. Terutama ilmu pengetahuan yang bisa mengembangkan bisnisnya. “Sebelumnya juga talkshow tentang daur ulang sampah,” pungkasnya.  

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi