Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) tahap pertama di Gelanggang Olahraga Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/10). (Dok Dinas Kominfotik DKI Jakarta)

JawaPos.com – Selama dua tahun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat peduli dengan masalah sosial. Tak terkecuali masalah untuk penyandang disabilitas. Hal ini terbukti saat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyalurkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) tahap pertama di Gelanggang Olahraga Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/10).

Program ini bertujuan mencegah terjadinya kerentanan sosial bagi para penyandang disabilitas di Jakarta, sekaligus memenuhi kebutuhan dasar mereka. Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta bekerja sama dengan Bank DKI untuk menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 300.000 per orang per bulan yang dapat dicairkan setiap triwulan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan jumlah penerima kartu disabilitas pada tahap pertama berjumlah 7.137 dari total 14.459 orang yang terdata dalam Basis Data Terpadu. Ribuan kartu itu tersebar di beberapa wilayah ibu kota.

“Dari 7.137 orang, dibagi ke dalam 5 wilayah untuk Jakarta Pusat sebanyak 1.042 orang, Jakarta Utara berjumlah 1.322 orang, Jakarta Barat berjumlah 1.018 orang, Jakarta Selatan berjumlah 1.361 orang, dan Jakarta Timur berjumlah 2.352 orang, serta Kepulauan Seribu sebanyak 42 orang,” ungkap Irmansyah, Senin (21/10).

Menurut Irmansyah, Pemprov DKI menganggarkan Rp 25 miliar untuk kartu disabilitas. Para penerima manfaat kartu penyandang disabilitas diambil dari basis data terpadu yang bersumber dari Kementerian Sosial. “Itu (BDP) yang manjadi dasar kami ajukan sebagai penerima. Jadi sudah ada kriteria-kriterianya,” ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) tahap pertama di Gelanggang Olahraga Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/10). (Dok Dinas Kominfotik DKI Jakarta)

293 KPDJ Diberikan Kecamatan Cilincing

Sebanyak 293 KPDJ disalurkan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Bank DKI untuk para difabel di wilayah Kecamatan Cilincing. Penyaluran KPDJ bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar, mengakses pelayanan publik serta meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas di wilayah DKI Jakarta.

Sedangkan pemilik KPDJ akan mendapatkan dana bansos Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Penyandang Disabilitas Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 300 ribu per bulan.

“Pemprov DKI Jakarta memiliki berbagai program dalam rangka mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya. Untuk membahagiakan warganya bisa diwujudkan kapan saja seperti hari ini dimana warga berkebutuhan khusus di wilayah Kecamatan Cilincing mendapatkan KPDJ dengan harapan bisa mengurangi beban keseharian,” kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Menurutnya, penyaluran KPDJ adalah niat yang mulia untuk membahagiakan warga Jakarta. “Semoga ini bisa meringankan, membantu dan menjadi berkah untuk semua. Manfaatkan kartu ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Disalurkannya KPDJ bagi warga difabel akan meringankan beban kebutuhan hidup dalam keseharian. “Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah karena sudah dibantu melalui KPDJ. Nanti bisa digunakan untuk membeli bahan pangan murah bersubsidi,” ujar Maya, warga RT 06 RW 09 Kelurahan Cilincing.

Syarat KPDJ

Penyandang Disabilitas yang menerima KPDJ merupakan penduduk Provinsi DKI Jakarta yang terdaftar dan ditetapkan dalam Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial, memiliki NIK Daerah Provinsi DKI Jakarta, serta Penyandang Disabilitas berada di luar panti baik milik pemerintah maupun daerah.

Editor : Bintang Pradewo

IKLAN