Terjebak 2 Hari, Pencari Burung Selamat dari Kebakaran Hutan

JEMBER, RADARJEMBER.ID –  Rudi, 35 warga Dusun Lengkong, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk yang terjebak selama dua hari dua malam di kawasan hutan yang terbakar di Blok Kruncing, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember perbatasan dengan Dusun Dawuhan, Desa Suco Lor, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, berhasil dievakuasi oleh tim gabungan Senin (21/10) pukul 21.30 WIB.

Korban awalnya berangkat Minggu (20/10) dini hari untuk melihat tanaman kopi yang ada di hutan karena takut terbakar. Namun Minggu siang, hutan yang ada tanaman kopinya tersebut sudah mulai terbakar sehingga korban sulit untuk keluar.

Apalagi jalur untuk menuju lokasi tanaman kopi yang di jaga oleh korban cukup jauh. Untuk menuju lokasi harus melewati tujuh gunung. Selain karena ingin menjaga kopi miliknya, korban juga sebenarnya ingin mencari burung untuk dijual.

Saat api mulai membakar hutan di lahan kopi, korban sempat menghubungi istri kalau terjebak hutan yang terbakar. “Jangan khawatir, saya masih aman dari hutan yang sudah terbakar,” cerita Rudi saat ditemui dirumahnya.

Selama tiga hari tidak makan, Rudi hanya memakan pisang yang dibawa dari rumah yang awalnya hendak dipakai sebagai umpan burung yang mau dipikat. “Sementara untuk minum cukup minum air sungai yang ada di curah,” ujarnya.

Kapolsek Jelbuk, Iptu Sucahyo membenarkan kalau ada warga yang terjebak dihutan yang terbakar. Korban selama tiga hari berapa di dalam hutan, beruntung korban berinisiatif turun dan berendam di sungai. Istri korban yang mendapati suaminya terjebak kebakaran langsung menghubungi kepala dusun yang selanjutnya diteruskan ke polsek

Tim gabungan antara BPBD Jember, Polsek Jelbuk, Koramil Maesan, Bondowoso, langsung mengadakan evakuasi. Sekitar pukul pukul 21.30 korban berhasil ditemukan dalam kondisi lemas. “Korban selanjutnya langsung di larikan ke puskesmas terdekat,” pungkas Sucahyo.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor :