Mahasiswa Baru FK Unej Turun Jalan Cegah Hipertensi

CEGAH HIPERTENSI: Sebagai calon dokter, mahasiswa kedokteran harus bisa mengajak masyarakat untuk mencegah hipertensi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Lebih dari 170 orang mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember, memadati taman Adipura Alun-Alun Jember saat Car Free Day (CFD) Minggu pagi (20/10).

Para calon dokter tersebut mengadakan kegiatan Hyper Care atau peduli hipertensi (darah tinggi), sembari mengedukasi warga Jember untuk mewaspadai penyakit ini. Nabil Athoillah, ketua kegiatan tersebut mengemukakan, sosialisasi itu merupakan bagian dari Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKMM). “Mahasiswa baru angkatan 2019 wajib mengikuti acara ini, diharapkan mereka ikut berperan untuk mencegah dan mewaspadai hipertensi,”ungkap Nabil.

Berdasarkan data tahun 2015 dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, pasien hipertensi di Kabupaten Jember menempati peringkat kedua kunjungan terbanyak di rumah sakit.

Mahasiswa lain, Dina Rizki Amelia memaparkan, penderita hipertensi di tahun 2017 di Jawa Timur mencapai 20,43%, karena itu sosialisasi perlu digalakkan untuk meminimalisir jumlah penderita hipertensi. “Salah satu bentuk pencegahan hipertensi adalah melakukan olahraga teratur, serta melakukan diet sehat sepert menghindari makanan yang beresiko menimbulkan hipertensi,” jelas Dina.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :