Sempatkan Bikin Video Klip Saat di Hongkong

PRODUKTIF: Romdhi Fatkhur Rozi di sela kesibukannya mengikuti program pengiriman dosen keluar negeri, menyempatkan diri menciptakan lagu dan video klip.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kesempatan mengikuti Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) atau pengiriman dosen ke Hongkong beberapa waktu lalu, juga dimanfaatkan oleh Romdhi Fatkhur Rozi, dosen Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember, untuk membuat video klip lagu berjudul Selamat Pagi.

Dosen muda asal Bandar Lampung yang juga mahasiswa S-3  Kajian Media dan Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini, memiliki kesukaan bermusik dan membuat video klip. “Sampai saat ini ada lima buah lagu dan baru Selamat Pagi ini saya bikin di Hongkong, kebetulan saat itu saya mengikuti program pengiriman dosen untuk meningkatkan kemampuan akademik,” ujar Romdhi.

Bagi seorang dosen seperti Romdhi, melalui karya audio visual, selain memperoleh hak cipta dan paten, bisa dipakai untuk mendongkrak karir dan peringkat akreditasi perguruan tinggi. Romdhi sendiri merilis lagunya digital stores, seperti iTunes, Spotify, Amazon music dan Deezer, tidak sedikit orang melihat hasil karyanya tersebut. “Semua itu merupakan gabungan dari hobi, seperti fotografi, videografi dan musik dan tidak sekedar hobi karena hal ini bisa untuk memotivasi mahasiswa memproduksi karya audiovisual,” tandas pendiri dan mantan Ketua Jember Photography (JPG).

Dalam pembuatan video klip tersebut, Romdhi tidak sendirian, ia dibantu oleh Muflikha Sofiana Putri adik kandungnya dan salah seorang temannya Aztu Arya. Muflikha mengatakan, ia banyak membantu proses pengambilan gambar video klip Selamat Pagi dan ikut tampil di sebagian besar scene-nya. “Untuk pembuatan video klip tersebut cukup sederhana menggunakan HP berkualitas HD, proses editing memakan waktu tiga hari,” ungkap Mufllikha.

Dibagian lain Aztu Arya menerangkan, audio lagu video klip Selamat Pagi itu dilakukan di rumah Romdhi, menggunakan peralatan home recording dan ia kebagian mengisi part melodi gitar.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor :