Perantau Wamena Tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, 54 Warga Lumajang

SURABAYA, RADARJEMBER.ID – Perantau Wamena yang menjadi korban kerusuhan, hari ini sudah tiba di pulau Jawa. Mereka mendarat di pelabuhan Tanjung Perak selanjutnya dibawa ke Asrama Transito, Mergorejo, Surabaya. Dari total 519 perantau yang berlabuh kemarin, 54 diantaranya adalah warga Lumajang.

Pantauan yang dilakukan di lokasi Tanjung Perak, ratusan perantau sampai di pelabuhan sekitat jam 09.30 WIB menggunakan KM Dobon Solo. Mereka langsung diidentifikasi oleh tim penyambut yang berasal dari unsur Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pelopor Perdamaian, BPBD dan TNI-Polri. Setibanya di pelabuhan, tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya juga langsung melakukan pengecekan kesehatan. Baru kemudian dilakukan identifikasi.

Jonatan Judianto, kepala Bakesbangpol Jatim menjelaskan saat ini sudah ada 519 perantau yang datang. Mereka akan diidentifikasi, dicek kesehatan dan diberikan bantuan awal. Untuk selanjutnya dibawa ke Asrama Transito Mergorejo, Surabaya. “Dibawa kesana (Transito) untuk istirahat. Kita sudah siapkan kendaraan dari pelabuhan ke Transito. Bu Gubernur juga akan menyambut disana,” katanya di selah-sela penyambutan.

Setelah itu akan diserahkan pada tim penjemput dari masing-masing daerah. “Jika tidak dijemput, akan kita antar ke daerahnya,” katanya. Dia menyebutkan memang saat ini ada 519 yang tiba menggunakan angkutan laut. Sebelumnya sudah ada yang menggunakan armada angkutan udara. Jika ditotal menurutnya ada sebanyak 2 ribuan yang sudah tiba di Jawa Timur.

Dari total sebanyak itu, data yang didapat dari Tagana dan Dinas Sosial, ada 54 warga Lumajang. Juga ada 22 warga Jember. Tim dari Lumajang sejak kedatangan menyambut di pelabuhan tanjung perak. Wabup Indah Masdar menyambut mereka dengan haru. Bahkan Bunda Indah sapaan akrabnya langsung menggendong balita mungil yang ikut pemulangan perantau ini.

IKLAN

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer :

Editor : Hafid Asnan