KOTA MALANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang mulai menatap program untuk 2020. Meski tidak ada event besar seperti Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Jatim 2019, diperkirakan kebutuhan anggaran untuk memajukan olahraga di Kota Malang masih membutuhkan anggaran cukup tinggi.

Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono mengatakan, jumlah yang diajukan ke Pemerintah Kota Malang sembilan digit (angka). ”Kami mengajukan Rp 17,5 miliar untuk tahun 2020,” ujar pria pencinta Harley Davidson itu. Jumlah tersebut dia nilai tidak berlebihan. Meski tahun depan tidak ada agenda besar seperti porprov di tahun ini.

Namun, jelas Eddy, cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI Kota Malang tetap harus melaksanakan persiapan diri di tahun depan untuk Porprov 2021. ”Tahun depan mereka (cabor) harus melakukan pemusatan latihan cabang (puslatcab),” beber Eddy. Karena itu, jika sampai anggaran minim berpotensi tidak maksimal.

Jadi, lanjut Eddy, dana yang diberikan memang harus ideal. ”Sebetulnya KONI menerima berapa pun anggarannya, tapi jumlahnya harus benar-benar dikalkulasi agar program-program olahraga berjalan maksimal dan tidak perlu tembel sana-sini,” kata dia. Selain untuk puslatcab, anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan juga menjalankan program lain.

”Mulai dari pengadaan alat latihan, tryout, sampai ikut-ikut kejuaraan itu memakan biaya banyak,” imbuh pria yang juga hobi bermain golf itu. Eddy mencontohkan, seperti cabang olahraga balap sepeda yang membutuhkan alat latihan dengan harga yang tidak murah. Lalu, angkat besi peralatan juga bisa bikin kantong bolong.

”Masak iya, mereka mendapatkan alat yang biasa-biasa saja. Kan bisa tidak optimal dalam latihan,” terang Eddy. Bila berkaca dari rencana pengajuan Rp 17,5 miliar itu bisa dibilang lebih kecil dibandingkan untuk pengajuan tahun lalu untuk anggaran 2019. Sebab, di 2018 lalu KONI Kota Malang mengajukan Rp 19 miliar, tapi hanya terealisasi sekitar Rp 12,5 miliar.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro

IKLAN