TNI Terus Ikuti Rembuk Tani Untuk Kembangkan Pertanian di Lumajang

Jajaran TNI Kabupaten Lumajang lakukan pendampingan langsung kepada petani .

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Jajaran TNI Kabupaten Lumajang terus memberikan pendampingan terhadap semua petani untuk pengembangan pertanian, guna mewujudkan program Swasembada Pangan Nasional, salah satunya dengan rembuk tani.

Kami TNI, selalu hadir dan ikut dalam kegiatan rembuk tani yang rutin dilakukan oleh PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) bidang pertanian dan kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Demikian, kata Babinsa Kebonsari Koramil 0821/19 Sumbersuko Serda Rudi Hariyanto saat menghadiri pertemuan rutin Kelompok Tani (Poktan) Kepuh Makmur I, Dusun Sari Rejo II Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Rabu (9/10/2019).

Rudi menyampaikan, bahwa rembuk tani yang rutin dilakukan tersebut adalah sebuah upaya untuk menggali permasalahan yang dihadapi para Petani/Kelompok tani saat ini.

Dan, jika terjadi kendala dilapangan, maka TNI dan PPL Pertanian bisa membantu mencarikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada.

“Dengan rembuk tani, kita bisa menggali permasalahan yang dihadapi para petani, dan sekaligus mencarikan pemecahannya, serta mengidentifikasi potensi sumber daya alam dan upaya pengembangan ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Balai Penyuluhan Pertanian (UPT BPP) Kecamatan Sumbersuko Agus Jauhari mengatakan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan TNI di Koramil 0821/02 Sukodono dalam melaksanakan pendampingan terhadap petani.

Dia berharap, dengan adanya pertemuan rutin seperti ini, setiap program dan informasi seputar pertanian dapat tersampaikan kepada petani, serta keluhan dan kendala yang dihadapi dapat dicarikan solusi bersama, sehingga upaya peningkatan hasil produksi pertanian dapat terwujud.

“Pemerintah telah mencanangkan Program Ketahanan Pangan Nasional. Untuk itu, mari bersama kita dukung dan menyukseskan program ini, agar petani dan masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya,” katanya.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan