Wabup Jember dan Wagub Jatim Hadiri Acara di SMK Perikanan dan Kelautan Puger

PELANTIKAN: Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak melakukan penyiraman sebagai simbol Launching Akademi Komunitas Assuniyyah Kencong dan pelantikan Taruna Angkatan XIX SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember, Rabu, 09 Oktober 2019.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Rabu, 09 Oktober 2019, hadir dalam Launching Akademi Komunitas Assuniyyah Kencong dan pelantikan Taruna Angkatan XIX SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember.

Acara tersebut juga digelar untuk melakukan pelepasan alumni magang, kontrak kerja dan beasiswa kuliah ke luar negeri. Acara ini berlangsung di SMK Perikanan dan Kelautan Puger Jember.

Dalam sambutannya, Wabup berpesan untuk adik-adik yang akan berangkat ke luar negeri agar tidak sekedar bangga bisa meninggalkan tanah air.  Kesempatan magang ini harus dimanfaatkan sebenar-benarnya.

“Sehingga pada saat kembali nanti ilmunya dapat berguna dan bermanfaat bagi NKRI, khususnya bagi Jember,” pesan Wabup.

Wabup menyampaikan, SMK ini merupakan salah satu kebangaan masyarakat Jember. Karena itu, sekolah ini patut mendapatkan apresiasi atas prestasi yang diraih di tingkat nasional dan internasional.

“Para taruna taruni yang diterima di berbagai lembaga di luar negeri ini, merupakan sebuah pengakuan yang sangat jelas bahwa keberadaan lembaga ini telah secara konkrit mendidik anak-anaknya untuk mengisi pembangunan di negara ini,” tegas Wabup.

Untuk itu, Wabup berpesan supaya memanfaatkan kesempatan ini dengan mengasah ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya.

Mereka memiliki tiga hal, yaitu keimanan dan ketaqwaan, kecerdasan, serta keterampilan. “Ketiganya sudah digembleng di lembaga ini,” ujar Wabup.

Satu hal yang menjadi kebanggan, lanjut Wabup, taruna taruni sekolah ini adalah calon pemimpin ke depan yang paham rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Semoga SMK ini akan menginspirasi lembaga yang sama, khususnya di Kabupaten Jember,” harapnya.

Sementara itu, Wagub menyatakan, SMK ini sangat disiplin dalam menggebleng taruna taruninya.

Menurutnya, jurusan SMK saat ini justru banyak terpusat pada jaringan dan mesin. Padahal industri yang potensial ini adalah teknologi pangan dan pariwisata

“Maka kami ingin ada leaning match dengan prioritas industri kita ke depannya, dan apa yang dilakukan Puger ini adalah contoh,” ujarnya.

Jurusan di SMK ini menjadi prioritas untuk mendapatkan beasiswa magang. SMK ini juga akan didorong kualitasnya melalui bantuan dana yang diberikan oleh Pemprov Jatim.

“Kami minta SMK Puger ini menjadi teladan dan contoh bagaimana ini dilakukan. Kamki lihat dulu contoh Tistas (program pendidikan gratis dan tuntas) ini dimanfaatkan di SMK Puger,” ujarnya.

Wagub meminta Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menyinergikan pembangunan SDM yang dilakukan di SMK ini dengan pembangunan sektor kelautan perikanan yang akan dilakukan di Puger.

“Kami mau dorong pembangunan SDM ini di Jember, karena disini suatu bangkitan sumber daya manusia, yang kemudian akan membuat Jember menjadi pusat yang bisa sinergi ekonomi Bondowoso dan Lumajang,” ungkapnya.

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :