Target Retribusi Wisata Kab Pasuruan Naik Jadi Rp 950 Juta

LEBIH DIMAKSIMALKAN: Ranu Grati jadi salah satu penyumbang retribusi wisata, meski nominalnya masih paling kecil bila dibanding Banyubiru dan Bromo via Tosari. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

BANGILRadar Bromo – Sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan dinilai masih cukup cerah. Lantaran itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat pun menggenjot target penerimaan retribusi dari sektor wisata.

Dari target awal sebesar Rp 800 juta, di perubahan APBD (P-APBD) kali ini retribusi dari wisata naik menjadi Rp 950 juta. Kenaikan target retribusi wisata itu tak terlepas dari capaian sampai September yang sudah melewati target.

“Pada September kemarin, penerimaan sudah hampir mencapai Rp 900 juta. Sehingga, target kami naikkan dalam Perubahan APBD ini,” terang Gunawan Wicaksono, sekretaris Disparbud Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, potensi retribusi wisata di Kabupaten Pasuruan masih cukup bagus. Trennya terus naik. Dari target tahun lalu sebesar Rp 700 juta, tahun ini target dinaikkan menjadi Rp 800 juta.

Rupanya, potensi kenaikan itu masih cukup besar. Walhasil pada P-APBD kembali digenjot untuk target retribusi sektor pariwisata hingga akhir tahun ini.

Menurut Gunawan, sejauh ini retribusi wisata di Kabupaten Pasuruan masih mengandalkan 3 destinasi wisata. Yakni, Pemandian Alam Banyubiru, Ranu Grati, dan akses ke Bromo via Tosari.

Tercatat pada September lalu dari data Disparbud, total penerimaan retribusi mencapai Rp 863 juta. Paling besar, dari Pemandian Alam Banyubiru yang mencapai Rp 640 juta. “Disusul Tosari dan Ranu Grati,” terang Gunawan.

Untuk akses ke Bromo via Tosari, meski baru diberlakukan pertengahan tahun lalu, namun sudah memberi banyak kontribusi. Pada awal September lalu sudah mencapai Rp 198 juta.

Dengan kenaikan target hingga Rp 950 juta. Disparbud Kabupaten Pasuruan tetap optimistis target baru tersebut bisa terealisasi pada akhir tahun nanti. “Kami optimis target baru tersebut bisa tercapai. Mengingat pada akhir tahun bakal terdongkrak dari libur sekolah dan libur akhir tahun. Dipastikan akan mendongkrak kunjungan wisata di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya. (eka/mie)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :