Kecap Jamur Tiram asal Jember Tembus Negeri Tirai Bambu

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Di tangan Wildaningsih Cahyadi, warga Jalan Kertanegara, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jamur Tiram tidak lagi sekedar diolah sebagai menu makanan.

Pada tahun 2017 lalu, Ketua Umum Asosiasi UKKM Jember itu, memiliki gagasan untuk memproduksi kecap berbahan dasar jamur tiram. “Kebetulan dulu saya kuliah di Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB), saat itu mengadakan riset mengenai kecap dan mencari bahan alternatif baru selain menggunakan Kedelai, hitam” ungkap Wildaningsih.

Dua belas tahun kemudian, ibu dengan dua putra itu mencoba mempraktikkan riset membuat kecap dari jamur tiram, dan hasilnya ternyata lebih enak daripada kecap berbahan kedelai. “Selain harga Jamur Tiram lebih murah ketimbang Kedelai hitam, selain itu mengandung vitamin D dan memiliki kandungan anti oksidan tinggi,” ungkap wanita asal Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat, itu.

Dalam sekali membuat kecap, Wildaningsih membutuhkan 10 Kg jamur tiram yang dibeli dari petani Jember. Wildaningsih juga getol mengikuti pameran di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Medan, Riau, Jakarta dan Bandung untuk lebih mengenalkan hasil kecap kreasinya.

Kini, kecap buatannya itu tidak saja menjadi produk unggulan Kabupaten Jember saja, namun juga produk unggulan Jawa Timur dan telah dipromosikan hingga ke negeri Cina.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :