RIZKI Gulirkan Program Kolamisasi di Lahan Sempit

KOLAM GIZI KELUARGA: LAZDA RIZKI mengadakan pembuatan kolam untuk meningkatkan gizi keluarga tidak mampu.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Untuk meningkatkan gizi keluarga dan pemanfaatan pekarangan terbatas, LAZDA (Lembaga Amil Zakat Daerah) RIZKI memunculkan ide untuk membuat kolam gizi keluarga (KGK)yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu.

Heru Cahyudi, Manajer Pendistrubrian dan Pendayagunaan Zakat/Infaq dan Shodaqoh (ZIZ) LAZDA RIZKI, mengatakan program ini menekankan kepada partisipasi masyarakat.
“Kolam gizi keluarga ini berbasis kelompok dan setiap kelompok terdiri dari dua sampai tiga orang, sebagai awalan satu desa satu kelompok terdiri dari dua kolam,”ungkap Heru.

Dari catatan LAZDA RIZKI, hingga sekarang sudah ada dua desa yang telah mendapatkan sentuhan kolam gizi keluarga, yakni Desa Sumberpinang dan Kertosari, Kecamatan Pakusari. “Kolam gizi keluarga ini sengaja ditempatkan di desa yang mayoritas penduduknya kurang mampu dan memiliki kemauan untuk meningkatkan kesejahteraan, karena itu LAZDA RIZKI memberikan bantuan berupa kolam terbuat dari terpal, ribuan bibit ikan Nila, Lele, pakan serta pendampingan,” imbuhnya.

Sementara itu, Muhammad Farid, berprofesi sebagai pekerja bangunan, warga Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, mengaku sangat terbantu oleh program kolamisasi dari LAZDA RIZKI. “Alhamdulilah, kolam gizi keluarga ini sangat membantu masyarakat kecil seperti saya ini, selain bisa memenuhi kebutuhan gizi juga bisa memberikan tambahan penghasilan,” terang Farid.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :