Rem Blong, Fuso Angkut Pupuk Terguling

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Lagi lagi akibat rem blong, sebuah truk Fuso gandeng bermuatan pupuk urea terguling di Jalan Raya Dusun Krajan, Desa Sumberjati, Kecamatan Silo Selasa (7/10) pukul 05.30 WIB.

Kejadian bermula saat truk fuso muatan pupuk urea dengan berat total 40 ton berangkat dari Ketapang Banyuwngi menuju ke gudang di Bangsalsari. Sesampainya di Jalan Raya Dusun Krajan, truk yang disopiri Muzakki, 24, warga Dusun Tanah Los, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, ini kehilangan kendali di jalanan menurun karena rem blong. “Saat menginjak rem, sudah mulai terasa kalau rem sudah tidak berfungsi,” ujar Muzakki.

Karena di samping kanan banyak rumah warga dan jurang yang dalam, Muzakki memilih membanting setir ke arah kiri dan menabrak pagar makan dan pohon Cempaka sebelum truknya terguling. “Saya panik karena jalanan menurun dan lurus, laju truk semakin kencang,” ujar Zakki.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sementara bagian gandengan truk masih tetap berdiri walau ban sebelah kiri terperosok di selokan. Bagian depan truk sendiri terguling dan mengakibatkan sebagian muatan pupuk tumpah ke jalan.

Kecelakaan ini mengakibatkan arus lalu lintas jurusan jurusan Jember – Banyuwangi tersendat dan harus diberlakukan sistem buka tutup. “Terjadinya laka tunggal ini karena truk yang disopiri Zakki mengalami rem blong,” ujar Ipda Suparman, Kanitlantas Polsek Silo.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor :