Muhammadiyah Diharapkan Bantu Pendidikan di Lumajang

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Organisasi Muhammadiyah diharapkan ikut membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.

“Untuk itu, Saya ajak Muhammadiyah yang mempunyai peran dalam peningkatan IPM terlebih di bidang pendidikan itu, dapat bersama-sama menggenjot peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meresmikan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Putri Darul Istiqomah, di Dusun Kebonan (Bulak Winong) Desa Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (6/10/2019).

Cak Thoriq mengatakan, bahwa penyebab rendahnya IPM di Kabupaten Lumajang, khususnya di bidang Pendidikan dikarenakan rata-rata lama sekolah. Menurutnya, tingkat IPM di Lumajang dinilai masih rendah, mengingat Kabupaten Lumajang berada pada urutan ke tiga dari bawah dalam 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Kami yakin betul, kalo kita bersama – sama bersinergi, akan ada percepatan terhadap peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa selain membantu bidang pendidikan, dirinya juga mengharapkan agar Muhammadiyah membantu menyukseskan program-program pembangunan pemerintah di bidang kesehatan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pasirian M. Nawawi dalam laporannya mengungkapkan, bahwa proses pendirian bangunan panti asuhan putri tersebut dilakukan pada 2017 lalu, dengan menghabiskan dana sekitar Rp500 Juta.

Ia juga mengungkapkan, adapun jumlah keseluruhan santri pada panti asuhan putri tersebut tercatat sejumlah 49 anak, dan yang menetap tinggal di panti asuhan sebanyak delapan anak.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan