Pelopor Cyber University of Indonesia

Upacara Penyerahan Ijazah UT Jember

Jember, Radar Jember – Universitas Terbuka (UT) Jember menggelar upacara penyerahan ijazah (UPI) yang dilaksanakan selama dua hari (2-3/10) kemarin. Acara tersebut dilangsungkan di gedung Soetardjo Universitas Jember, dengan dihadiri wisudawan yang terdiri Program Sarjana dan Pascasarjana (Magister) tahun 2019 periode II sejumlah 569 wisudawan. Terdiri dari 16 wisudawan magister, 546 sarjana, dan tujuh diploma dari tujuh kabupaten/kota wilayah kerja UT Jember.

Selain Rektor UT yang diwakili Prof Dr Karnedi MA, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam UPI kali ini hadir pula pimpinan perguruan tinggi mitra UT di Jember, serta bupati Bondowoso, Lumajang, dan Probolinggo atau yang mewakili. Kehadiran para bupati tersebut dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama dengan rektor UT dan/atau direktur UT Jember untuk meningkatkan kompetensi SDM di wilayah masing-masing.

Di usia ke-35 Universitas Terbuka terus meningkatkan kualitas sistem pendidikan untuk membantu dalam mencerdaskan anak bangsa. Salah satu bukti kesungguhan UT yaitu dengan dibukanya jenjang doktoral Program Pendidikan S3 Ilmu Manajemen dan S3 Administrasi Publik. UT Jember dan UT Serang mendapatkan kepercayaan operasional pada program pendidikan S3 Ilmu Manajemen, sedangkan UT Surabaya dan UT Serang untuk program Administrasi Publik.

“Izin operasional pengelolaan S3 Ilmu Manajemen dan S3 Administrasi Publik diberikan oleh Kemenristekdikti kepada UT bertepatan saat Dies Natalis UT ke-34 pada 4 September silam,” papar Prof Dr Mohammad Imam Farisi MPd, Direktur UT Jember, Kamis (3/10) lalu.

Dalam kegiatan UPI tahun 2019 periode II, juga ditetapkan beberapa wisudawan terbaik untuk program sarjana dan pascasarjana. Wisudawan terbaik program pascasarjana yaitu Ahmad Mubarok (Program Magister Manajemen bidang minat keuangan dengan IPK 3,91), Inneke Hastuti (Program Magister Ilmu Bidang Minat Administrasi Publik dengan IPK 3,79), dan Nur Imama (Program Magister Pendidikan Dasar dengan IPK 3,79). Sementara itu, lulusan terbaik program sarjana adalah Susmiati dari Program Studi PGPAUD dengan IPK 3,72, Husnul Khotimah dari Program Studi PGPAUD dengan IPK 3,65, dan Rini Sri Wahyuni dari Program Studi PGSD dengan IPK 3,53.

Prof Imam juga menyatakan bahwa dengan dibukanya program doktoral, wisudawan program magister bisa melanjutkan tingkat pendidikannya ke jenjang S3. Hal itu juga berlaku untuk wisudawan program sarjana yang hendak melanjutkan ke tahap magister.

Apalagi, lanjut dia, saat ini kebutuhan SDM yang memiliki kualitas tinggi sangat diperlukan. Pengetahuan sangat dibutuhkan dalam membantu menciptakan anak bangsa yang unggul dan terlebih lagi membantu saat di dunia kerja yang kompleks. “Insya Allah UT siap menjadi tempat untuk membantu menciptakan anak bangsa yang unggul dan berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu Ketua LPPM UT, Prof Karnedi yang mewakili Rektor Universitas Terbuka menjelaskan, UT terus menjadi lebih baik dan berkembang membantu mencerdaskan bangsa. UT juga menjadi pelopor cyber university of Indonesia dan berkembang melalui berbagai inovasi dalam rangka mengukuhkan perannya sebagai cyber university.

Sebagai informasi, rangkaian penyelenggaraan UPI diawali dengan temu wicara antara para pimpinan UT Jember dengan wisudawan. Dilanjutkan dengan seminar akademik dengan tema Pembangunan Karakter Bangsa di Era Cyber untuk Indonesia Emas 2045 dengan pembicara Dr Selfi Budi Helpiastuti SSos MSi dari Universitas Jember. Sebelumnya, juga dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara UT Jember dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember tentang program pemberian beasiswa kepada mahasiswa UT Jember dengan Kabupaten Jember.

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :