Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kebanyakan orangtua saat ini masih meniru pola mendidik anak dari orangtua terdahulu, demikian pengamatan Drs. Miftahul Jinan, M.Pd.I, Direktur Griya Parenting.

Master trainer dan penulis buku best seller itu mengungkapkan hal tersebut di hadapan ratusan orangtua murid TK dan SD Al Irsyad Jember, saat kegiatan Sekolah Orangtua bertemakan “Mendidik Anak Cerdas dan Berkarakter”, Minggu (6/10), di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.

“Diakui bahwa diantara kita dalam hal mendidik anak masih berkiblat pada orangtua kita, bukan berarti itu salah, tapi jamannya sudah lain, karena itu orangtua perlu mengikuti sekolah bagaimana seharusnya mendidik anak,” ungkap Jinan.

Jinan menyampaikan bahwa memang orangtua dalam mendidik anak selalu mengedepankan contoh atau atau suri tauladan, namun hal itu masih belum cukup untuk saat ini, karena itu anak perlu untuk diajak berdialog atau berkomunikasi.
“Hal ini harus dipahami oleh orangtua sekarang, melalui metode dialog akan terbangun hubungan kedekatan antara orangtua dan anak,” imbuh Jinan.

Lantas timbul pertanyaan, mana yang harus lebih didahulukan antara kecerdasan atau karakter anak? Alumnus pondok pesantren ini lebih memilih mengembangkan karakter.
“Sejatinya pendidikan karakter itu bukan tambahan materi pelajaran, namun lebih mengarah ke sekolahnya. Perlu diingat, setiap orangtua selalu mendambakan anaknya cerdas dan berkarakter,”pungkasnya.

Sementara itu, Hani Magfiroh, salah seorang guru SD Al Irsyad Jember mengatakan, sekolah untuk orangtua ini dinilainya sangat positif karena bisa memberikan tambahan wawasan orangtua bagaimana cara mendidik anak yang sebenarnya. “Bagus banget sekolah orangtua ini, dari acara ini terlintas pertanyaan dalam diri kita sebagai orangtua ternyata mendidik anak itu tidaklah gampang,” ujar Hani

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :