Presiden Joko Widodo saat inspeksi pasukan pada HUT TNI Ke-74 di Lanud Halim, Jakarta, Sabtu (5/10). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberi kado indah kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Dia mengatakan anggaran pertahanan pada 2020 akan ditingkatkan menjadi Rp 131 triliun.

“Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp 121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020,” ujar Jokowi dalam amanatnya sebagai inspektur ppacara HUT TNI ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Jokowi menegaskan, kenaikan anggaran ini bentuk kepedulian pemerintah mrningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi angkatan bersenjata. Pemerintah juga akan menyiapkan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun.

“Pemerintah juga akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” imbuhnya.

Pasukan berbaris pada HUT TNI Ke-74 di Lanud Halim, Jakarta, Sabtu (5/10). Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Dengan kebijakan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap upaya Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia bisa tercapai. Sebab, cita-cita tersebut bisa diwujudkam apabila didukung militer yang kuat.

Jokowi menyampaikan, di era digital seperti sekarang, maka teknologi akan semaki maju. Oleh karena itu, adanya tuntutan global mengharuskan TNI juga harus berkembang. Baik dari aspek alutsista maupun SDM.

Untuk itu, rencana strategis Kekuatan Pokok Minimum tahap III periode 2019-2024 harus segera dituntaskan. Rencana jangka panjang hingga 100 tahun Indonesia merdeka juga harus diwujudkan.

“Di dalam era yang penuh dengan kemajuan teknologi, alutsista yang digunakan TNI harus semakin maju. Selain itu, sumber daya manusia TNI juga harus semakin tangguh, semakin adaptif dan memegang teguh jiwa Sapta Marga,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, TNI hari ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Acara dilangsungkan di Pangkalan Udara (Lanud) Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta. HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Upacara akaN dimulai pukul 08.00. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto.

Kekuatan Pasukan Parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel. Kekuatan Pasukan Defile dan Alutsista terdiri dari Defile POM TNI (48 Personel, 24 Unit Alutsista), Defile Matra Darat (1.172 Personel, 415 Unit Alutsista), Defile Matra Laut (522 Personel, 116 Unit Alutsista), Defile Matra Udara (259 Personel, 58 Unit Alutsista).Dipimpin oleh Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad) selaku Komandan Defile.

Sedangkan semonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari Kolone Senapan, Bela Diri Militer dan Tari Perang Garuda, Terjun Payung, Demo Udara (Fly Pass, BTU, Tempur Udara & Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst). Adapun pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit milik TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

IKLAN