Atlet Qatar Mariam Mamdouh Faried berlaga pada lari gawang putri 400 meter di Kejuaraan Dunia Atletik 2019. (IAAF)

JawaPos.com-Atlet Qatar Mariam Mamdouh Faried sudah tahu peluangnya menembus babak final nomor 400 meter lari gawang putri hampir pasti tidak ada.

Dengan catatan waktu individu terbaik hanya 1 menit 10,33 detik, dia malah bisa saja finis di posisi paling buncit di babak kualifikasi (2/9). Tapi, dia tetap bersemangat untuk tampil pada Kejuaraan Dunia Atletik 2019 ini.

Sebab, atlet 21 tahun tersebut merasa tidak hanya tampil untuk mewakili diri sendiri maupun negaranya. Namun juga tradisi, kultur, serta para perempuan berhijab di seluruh dunia.

’’Saya merasa ini sebuah tanggung jawab yang luar biasa,’’ ucap Faried seperti dilansir situs resmi IAAF. ’’Saya akan berlari untuk mendobrak sekat. Mengubah perspektif orang-orang yang datang dari berbagai dunia yang belum terbiasa melihat atlet berhijab,’’ tambahnya.

Target Faried di ajang itu tidak muluk-muluk. Yakni, memecahkan rekor nasional Qatar dengan catatan waktu 1 menit 9,31 detik yang dibuat rekannya, Kenza Sosse, yang juga akan tampil di nomor tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c19/tom

IKLAN