Ilustrasi seseorang menggunakan masker rambut. (Huffpost)

JawaPos.com – Harus diakui selain sering digunakan sebagai pemanis alami, madu juga diambil manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Tak heran jika madu sering terlihat dalam daftar bahan baku sebuah produk. Baik itu produk perawatan kulit hingga rambut.

Bicara perawatan rambut, madu biasanya digunakan untuk masker. Tapi, jika bosan dengan masker rambut kemasan atau sekadar ingin lebih efisien, tak ada salahnya membuat sendiri di rumah.

Seperti dilansar dari Healthline, Kamis (3/10), madu kaya akan vitamin, mineral, protein, dan memiliki sifat antioksidan. Menurut penelitian, madu memiliki beberapa bermanfaat untuk rambut. Antara lain melembabkan kulit kepala kering, mengurangi kerusakan, mengembalikan cahaya rambut, memperbaiki kondisi alami rambut, dan melembutkan.

Selain itu, madu berfungsi baik sebagai zat pengikat. Sehingga, jika Anda mengaplikasikan madu pada rambut dalam jangka lama, maka bisa memberikan perbaikan yang intens.

Lantas bagaimana membuat masker rambut dari madu di rumah?

Catatan penting untuk membuat masker rambut ini adalah gunakan madu mentah. Dalam arti madu yang paling sedikit diproses. Karena dipercaya memiliki sifat antioksidan yang lebih tinggi.

Bahan:

1/2 gelas madu
1/4 cangkir minyak zaitun
Mangkuk atau wadah
Topi mandi (shower cap)
Kuas kecil (opsional)

Cara Membuat dan Menggunakannya:

Tuang 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun ke dalam mangkuk. Lalu aduk campuran dengan baik. Panaskan campuran selama 20 detik dalam microwave. Setelah dipanaskan, aduk campuran lagi dengan sendok.

Setelah membiarkan campuran menjadi dingin, mulailah mengaplikasikannya ke rambut menggunakan jari-jari Anda atau kuas kecil. Mulailah dari kulit kepala dan lanjutkan sampai akhir.

Pijat lembut kulit kepala Anda dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari Anda. Setelahnya gunakan shower cap di rambut Anda untuk membantu masker lebih meresap.

Biarkan selama 30 menit. Bilas masker dari rambut dengan sampo Anda seperti biasa hingga bersih.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

IKLAN