Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

PELAYANAN KESEHATAN GIGI GRATIS. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember mengadakan kegiatan bulan kesehatan gigi nasional 2019, serta menggelar layanan kesehatan gigi gratis

JEMBER, RADARJEMBER.ID -Dari hasil riset kesehatan dasar di tahun 2018 lalu, tercatat 57,4% atau sekitar 170 juta jiwa bila total penduduk Indonesia pada saat itu 220 juta jiwa, mengeluhkan kesehatan gigi dan mulut.

Hal itu disampaikan drg.Rahardian Parnaaji, M.Kes, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, usai membuka kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019, bertempat di kampus tersebut Kamis (3/10). “Dari hasil riset itu pula diketahui kesadaran masyarakat Indonesia untuk menggosok gigi sangatlah bagus, bahkan mencapai angka 92%, namun dari jumlah tersebut hanya 2,1% menggosok gigi secara benar,” terang Rahardian.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Bulan Kesehatan Gigi Nasional bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan arti pentingnya kesehatan gigi dan mulut. “Bulan kesehatan gigi ini selalu diperingati oleh FKG Universitas Jember setiap tahun, pada acara ini diadakan pelayanan pembersihan karang gigi, penumpatan (tambal gigi) dan pencabutan gigi dan semua itu gratis,” ujarnya.

Dibagian lain, Poetri Wulandari, guru TK Nurus Sakinah, Sukorejo, menilai apa yang dilakukan oleh FKG Universitas Jember itu sangatlah positif. Poetri dan 5 guru lainnya serta 70 murid menghadiri acara tersebut. “Anak didik saya mendapatkan pembelajaran bagaimana menggosok gigi dan merawat gigi dengan baik dan benar,” ungkapnya.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :