JUARA: Oktavia Kusuma Ningsih (kanan) bersama suaminya Munawan Hasim berpose bersama usai menerima penghargaan IKM Award 2019. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

IKM Pradipya Jaya Food milik Oktavia Kusuma Ningsih, berhasil menjuarai IKM Award 2019. Ternyata, IKM ini berdiri setelah pemiliknya ditinggal almarhum anaknya untuk selama-lamanya.

————–

IKM Pradipya Jaya Food berdiri sejak 2011. Dengan modal terbatas, Oktavia Kusuma Ningsih memulai usahanya seorang diri. Saat itu suaminya berada di negeri orang. Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

“Pada 8 Maret 2011, anak saya meninggal. Setelah itu saya membutuhkan kegiatan untuk bisa menenangkan diri, sehingga saya mencoba merintis usaha. Selain anak, saya juga jauh dari suami. Usaha yang saya rintis juga dipersiapkan untuk suami, agar ketika pulang tidak bingung mencari pekerjaan,” ujarnya.

Setahun kemudian, suaminya kembali ke Indonesia. Sejak saat itu, perkembangan IKM-nya yang dikelola bersama suaminya mulai melejit. “Sesuai dengan yang dicita-citakan bersama suami, Alhamdulillah kami bisa memberikan manfaat untuk para balita yang membutuhkan protein tinggi,” ujarnya.

IKM Pradipya Jaya Food memproduksi abon berbahan baku ikan lele. Oktavia mengaku, memproduksi abon ini karena kandungan proteinnya tinggi. “Alhamdulillah sejak 2012 usaha saya ini menjadi pelopor abon untuk bayi pertama di Indonesia,” ujarnya.

IKM Pradipya Jaya Food tidak hanya kali ini mendapat penghargaan dari pemerintah. Sebelumnya, juga pernah mendapatkan penghargaan dari Pemprov Jatim. Namun, untuk prestasi yang didapatkan di kotanya sendiri, baru kali ini. “Apresiasi ini kami harap bisa menjadi motivasi saya dalam membangun usaha,” ujar warga Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Dengan banyaknya konpetitor, Oktavia mengaku tidak masalah. Sebab, IKM-nya sudah mempunyai banyak varian produk. Menurutnya, banyaknya kompetitor itu membuat dirinya makin termotivasi untuk terus berinovasi. “Selain itu, harus menjaga semangat kerja dan inovasi sebagai persiapan untuk bersaing dengan produk lain,” ujarnya.

Diketahui, IKM Pradipya Jaya Food menjadi juara pertama dalam IKM Award 2019, gelaran DKUPP Kota Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo. Penghargaan itu diserahkan di gedung Bale Hinggil, Kota Probolinggo, pada Rabu (18/9). Saat itu, pesertanya mencapai 50 IKM. Setiap kecamatan diwakili oleh 10 IKM.

Oktavia mengatakan, penghargaan ini dirinya didikasikan kepada almarhum anaknya. “Almarhum anak saya akan tetap menjadi kebanggaan karena sekali lagi ini adalah cita-cita bersama,” ujarnya. (mg1/rud/fun)

IKLAN