Museum Huruf di Dunia Cuma Ada di Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Mungkin masih banyak warga Jember yang belum tahu, bahwa di Jember saat ini terdapat museum huruf (font museum) yang menampilkan koleksi huruf-huruf dari beberapa periode dan negara.

Museum huruf di Jember ini diyakini yang pertama dan satu-satunya museum huruf di dunia. Museum yang terletak di jalan Bengawan Solo Jember ini berdiri sejak tahun 2017 yang digagas salah satunya oleh Erik Wijayanto.

Awal mula berdiri, museum ini memiliki 20 koleksi huruf kuno dari berbagai peradaban. “Museum ini berawal dari komunitas desain grafis, saat kumpul bareng sembari melakukan diskusi kecil di kafe selama satu tahun, maka terbesitlah untuk mendirikan museum huruf ini,” kata Erik.

Untuk mewujudkan impian mendirikan sebuah museum huruf tidaklah mudah. Hambatan utama terletak pada referensi data sejarah aksara, sebagai solusi maka diputuskan data sejarah mainstream yang diambilkan dari internet. “Di museum ini selain terdapat koleksi huruf kuno tahun 4000 sebelum masehi , dilengkapi pula perpustakaan dan toko cinderamata museum,” imbuh Erik.

Ahmad Fahrur Rozi, fotografer museum huruf mengungkapkan, di tempat tersebut memiliki ratusan buku dari beragam keilmuan. “Museum ini ditunjang pula oleh kelas aksara. Kelas tersebut berfungsi sebagai tempat untuk mengenal aksara,” terang Rozi.

Museum ini sudah dikunjungi oleh banyak warga diantaranya ada yang dari Amerika, Hongaria dan Jepang.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :