Mobil Listrik dan Mobil Hemat Energi Unej Sabet Juara 3

JEMBER, RADARJEMBER. ID – Tim Universitas Jember (Unej) sukses memboyong dua juara sekaliagus dari kontes mobil hemat energi (KMHE) 2019 yang diadakan di Universitas Negeri Malang, 24-28 September 2019.

Dua gelar itu adalah juara 3 kategori Mobil Listrik dan juara 3 kategori Mobil Hemat Energi. Unej mengikuti dua kategori kontes mobil itu dengan membawa dua mobil yaitu Titen untuk inovasi mobil listrik, dan Tawang Alun untuk mobil hemat energi.

Sekitar 24 mahasiswa tergabung dalam tim perwakilan Unej dengan satu pendamping di masing-masing mobil. Ketua tim Titen, Bagus Sri Agung Nugroho menjelaskan pada kompetisi itu, timnya unggul pada point jarak tempuh dibagi konsumsi listrik. “Alhamdulillah masih bisa diberi kesempatan membawa juara untuk kontes tahun ini,” ucap Agung.

Hal senada juga diungkapkan ketua tim Tawang Alun, Muhammad Nur Rosyid atas juara yang telah diraih.Tak henti-henti dia mengucapkan syukur. “Kerja tim, semangat, dan antusiasme tim untuk berkompetisi dan menampilkan hasil yang terbaik di ajang ini sangat besar,” katanya.

Pada kompetensi ini, tim Tawang alun unggul pada point habisnya bahan bakar dikonversi dengan suhu dan dapat menghasilkan skor yang terbaik. Dalam kontes tersebut dicari mobil dengan kadar Emisi paling kecil. ”Kami terus mengasah kemampuan, mengeksplorasi, dan terus berupaya untuk inovasi yang terbaik buat masa depan,” ucap Rosyid.

Tim Unej yang semuanya berasal dari jurusan teknik Mesin angkatan 2016 itu berharap adanya dukungan dari berbagai pihak terkait produk kreatifitas dan inovasi yang dibuat anak bangsa. “Ada dukungan baik dari instasi atau pemerintah. Jadi, riset yang dilakukan berkelanjutan setiap tahunnya,” kata Agung.

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor :