Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin saat berlaga melawan Tony Lindelof/Joakim Oldorff asal Finlandia. (PP PBSI)

JawaPos.com – Pebulu tangkis junior Indonesia belum mendapat lawan sepadan dalam fase grup Kejuaraan Dunia Junior 2019 kategori beregu campuran.

Dalam laga grup A1 di Kazan Gymnastics Center, Rusia, kemarin (1/10), Leo Rolly Carnando dkk menyapu bersih kemenangan atas Finlandia 5-0. Hari ini Indonesia bakal menghadapi Spanyol di playoff grup A.

Kemarin para pemain utama sudah diturunkan. Manajer tim Susy Susanti memberi mereka kesempatan mencoba lapangan. Pesta kemenangan lantas dibuka pemain tunggal putra Christian Adinata. Dilanjutkan tunggal putri Putri Kusuma Wardhani. Ganda putra juara Asia junior Leo/Daniel Marthin yang beraksi berikutnya memastikan Indonesia melaju ke playoff.

Karena lawan masih ringan, laga kemarin juga menjadi ajang eksperimen. Di ganda campuran, Indah Cahya Sari Jamil dipasangkan dengan Dwiki Rafian Restu. Biasanya, dia berpartner dengan Leo. Menurut Susy, Leo harus menjaga kondisi karena sebelumnya terjun di ganda putra. Walau pasangan diacak, Dwiki/Indah tetap bisa mengatasi lawan.

Padahal, Indah merasa permainannya belum maksimal. ’’Ini adalah pertandingan pertama saya di sini. Jadi, saya merasa belum in mainnya. Masih cari feeling, angin ke mana, dan sebagainya,’’ jelas juara dunia 2018 bersama Leo itu.

Playoff hari ini ditujukan untuk mencari juara grup A. Indonesia menghadapi juara grup A2, Spanyol. Di atas kertas, materi pemain Indonesia jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Spanyol.

’’Kalau lihat kekuatan di atas kertas bahkan sudah seharusnya sapu bersih. Tetapi, kami tetap waspada dan tidak mau lengah,’’ ujar Susy.

Spanyol lolos ke playoff setelah menang kemenangan atas Hungaria dan Kazakhstan. Salah seorang pemain andalan mereka adalah Marc Cardona, tunggal putra yang menempati peringkat ke-640 dunia. Levelnya masih jauh di bawah tunggal putra kita, Christian, yang ada di kisaran ke-200.

Sedangkan pemain Spanyol yang lain masih berada di luar 1.000 besar dunia.

Hasil Kemarin

Indonesia vs Finlandia 5-0

Tunggal Putra

Christian Adinata vs Joakim Oldorff 21-14, 21-10

Tunggal Putri

Putri Kusuma Wardani vs Julia Salonen 21-7, 21-6

Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Tony Lindelof/Joakim Oldorff 21-11, 21-16

Ganda Putri

Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs Johanna Kelavuori/Noora Nokkala 21-7, 21-10

Ganda Campuran

Dwiki Rafian Restu/Indah C.S. Jamil vs Tony Lindelof/Julia Salonen 21-8, 21-9

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c5/na

IKLAN