Polsek Tempurejo dan TNMB Gerebek Kampung Ilegal Logging

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Tim gabungan Polsek Tempurejo bersama Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) melakukan penggerebekan kampung rawan illegal logging di kawasan TNMB Resort Andongrejo, Dusun Krajan 2. Desa Andongrejo, Tempurejo, Rabu (2/10) siang.

Petugas gabungan Polsek Tempurejo dan TNMB yang jumlahnya puluhan orang juga dilengkapi dengan senjata api, karena sangat rawan ada perlawanan dari warga. Setelah didatangi petugas, warga yang tanah pekarangannya dijadikan tempat menimbun kayu hasil ilegal logging mengaku tidak tahu menahu tentang pemilik kayu tersebut.


Kayu yang sudah jadi itu ditumpuk dibelakang rumah warga yang sudah ditutupi dengan  daun jagung. “Kalau dilihat dari kayu yang ditemukan petugas, ini masih baru diangkut dari kawasan Tanaman Nasional Meru Betiri,” ujar AKP Suhartanto, Kapolsek Tempurejo.

Penggerebekan kampung rawan ilegal logging di kawasan TNMB Resor Andongrejo ini setelah pihaknya bersama TNMB melakukan patroli. Ternyata ada informasi jika ada tumpukan yang tidak diketahui pemiliknya. “Karena kayu-kayu yang sudah dipotong itu ditumpuk dan dibiarkan di pekarangan rumah warga,” ujar Kapolsek Tempurejo.

Pihaknya setelah melakukan pengecekan, ternyata mendapati ada beberapa titik tempat penimbunan kayu hasil ilegal logging dari kawasan TNMB resor Andorejo, Kecamatan Tempurejo.

Setelah dicek, petugas gabungan menemukan tumpukan kayu di lima titik yang ada di pekarangan dan di sekitar kandang sapi milik warga. “Warga yang ketempatan untuk menimbun kayu ini mengaku tidak tahu siapa pemiliknya. Biasanya pelaku membawa kayu itu pada malam hari,” Ujar Suhartanto.

Dari lima titik temuan kayu, barang bukti yang diperoleh jumlahnya sekitar 118 batang kayu dengan panjang 3 hingga 4 meter. “Untuk sementara barang bukti kayu kita amankan di Mapolsek,” pungkas Kapolsek.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor :