Hadapi Persaingan Pasar, Batik Jember Perlu Sentuhan Variasi

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Industri batik rumahan di Kabupaten Jember berkembang cukup pesat. Saat ini, di berbagai kawasan baik di perkotaan maupun pedesaan, muncul industri pembuatan batik baru.

Hermawan, salah seorang pengamat model dan pencari bakat mengatakan, mutu batik Jember beragam bergantung pangsa pasar. “Selama ini batik Jember itu dari hal pewarnaan lebih terlihat cerah, mungkin selera pasar seperti itu suka warna cerah”ungkap Hermawan.

Selain itu pemilik sekolah model dan kepribadian itu menambahkan, agar batik Jember laku dipasaran maka dibutuhkan sentuhan variasi. “Variasi itu meliputi bahan, motif dan warna, selama ini batik motif klasik kurang dikembangkan, padahal batik klasik ini lebih banyak diminati,”Jelas pria kelahiran Malang tersebut.

Dia menambahkan bahwa generasi muda saat ini kurang memahami batik dan belum tertarik untuk mengenakan batik. “Itu karena masih ada anggapan batik untuk orang dewasa, dan hanya sebatas seragam sekolah bagi pelajar,” imbuhnya.

Padahal batik itu bisa dipakai disaat ada acara resmi maupun acara santai, karena itu perlu dipikirkan bersama bagaimana batik itu bisa masuk kekalangan anak muda sehingga mereka lebih menyukai batik.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :