Pencak Silat Hibur Ribuan Pemilih

JEMBER, RADARJEMBER.ID -Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) putaran empat atau terakhir Kamis (26/9) berlangsung meriah. Di Desa/Kecamatan Sukorambi, panitia pilkades sengaja mendatangkan grup kesenian tradisional pencak silat asal Dusun Nogosari, Desa Sukorambi, untuk menghibur pemilih saat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

Grup pencak silat Rukun Saudara pimpinan Tijono itu mampu memberikan warna tersendiri di perhelatan Pilkades Desa Sukorambi, sembari menunggu antrian untuk menggunakan hak suara, pemilih merasa terhibur.

Dalam gelaran Pilkades tersebut, grup kesenian tradisional pencak silat itu mendemontrasikan kebolehan memainkan senjata tajam. “Grup Pencak Silat Rukun Saudara ini diundang oleh panitia Pilkades Desa Sukorambi untuk meramaikan coblosan, sekaligus mengenalkan kembali kesenian tradisional asli Indonesia kepada generasi muda,”ungkap Tijo, pimpinan grub kesenian tradisional pencak silat.

Holik, salah seorang warga Desa Sukorambi mengatakan, ia mengapresiasi positif tampilan kesenian tersebut di gelaran pesta demokrasi tingkat desa. “Sepanjang pelaksanaan Pilkades di Desa Sukorambi, baru sekarang ini pemilih dihibur oleh kesenian tradisional pencak silat,”tandas Holik.


Sementara itu, emak-emak di Desa/Kecamatan Sukorambi sangat antusias dalam mengikuti gelaran Pilkades, bahkan ada diantaranya yang menggendong anak ketika menunggu gilran untuk bisa masuk di tempat pemungutan suara (TPS).

Saking panjangnya, antrian emak-emak sampai dua baris memanjang ke belakang, belum lagi lapangan tempat Pilkades dilangsungkan berdebu dan panas akibat musim kering berkepanjangan.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :