Action Figure Jember (AFJ), Komunitas Mainan SuperheroKopdar Tak Sebatas dari Kafe ke Kafe, Sesekali di Car Free Day

ANEKA KHARAKTER: Bermula dari gathering, penggemar kharakter superhero dalam film tergabung di komunitas Action Figure Jember (AFJ).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Seiring berkembangnya film-film superhero di box office, mainan yang mirip tokoh film tersebut bermunculan. Action figure (sebutan tokoh film tersebut) mempunyai karakter yang berasal dari superhero atau anime.

Di Jember sendiri, komunitas mainan action figure sudah muncul. Nama komunitas ini adalah Action Figure Jember (AFJ).Karakter dari action figure ini kebanyakan diambil dari tokoh komik, film, anime, kartun dan sebagainya. Bahan mainan dari berbagai aneka macam. Ada yang dari plastik, PVC atau bahan material lainnya.

Menurut Guruh Ari Pratama salah satu anggota AFJ, awal mulai komunitas AFJ ini terbentuk adalah dari grup media sosial facebook pada sekitar 2014 silam. Yakni, berawal dari gathering komunitas Gunpla Plastik (Gunpla) Jember.

“Ikut gathering teman-teman Gunpla, tapi bawa action figure. Ternyata banyak juga rekan-rekan lain yang bawa. Dari situlah kami bikin grup AFC ini,” ucap pria yang kerap disapa Guruh ini.

Perkembangannya pun dari mulut ke mulut. “Malah dulu kebanyakan koleksi teman-teman action figure kamen rider. Ya mungkin jadul itu ya. Pokok senang action figure akhirnya mulai banyak yang ikut, tidak membatasi di salah satu tokoh saja,” bebernya.

Senada dengan Guruh, Oong yang juga anggota AFJ menyebut, pihaknya terus menggelar pertemuan rutin. Macam kopi darat (kopdar). Sampai pada akhirnya, tanggal 27 Juni tahun lalu, dibuatlah logo resmi komunitas AFJ ini sekaligus merekrut anggota baru. “Kami merangkul rekan-rekan baru ini,” kata Oong.

Kopdarnya pun tak sebatas di kafe saja. Sesekali mereka kopdar di Car Free Day setiap minggu pagi, atau diundang di beberapa acara besar yang berkaitan dengan tokoh action figure.

Seperti opening gedung bioskop baru di Jember, atau pemutaran film perdana yang bertemakan salah satu tokoh action figure, macam Avangers. “Alhamdulilah sekarang anggota aktif sudah mencapai puluhan orang,” imbuh Oong.
Sementara itu, kalau bicara action figure sendiri, mulai dari spek bahannya, harga, jenisnya pun berbeda-beda. Harganya paling murah dari ratusan ribu hingga jutaan bahkan bisa menembus puluhan juta.

Begitu pun dengan bahannya. Mulai dari plastik hingga PVC. Jenisnya pun mulai yang paling bagus original dan KW. Ukurannya juga beragam. Paling kecil skala 1/86, ukuran standar 1/12 dan paling besar 1/1.

Selain itu, action figure juga punya beberapa kategori. Ada kategori statue, yang merupakan action figure menyerupai patung dengan ukuran cukup besar. Sama seperti patung, tak bisa digerakkan dan tidak bisa di otak-atik.
Sedangkan kategori kedua ada action figure yang lebih kecil dari statue. Yang memang bisa digerakkan dan di-custom.

“Di action figure ini juga ada lombanya. Ada lomba custom dan foto kontes,” jelas Oong.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono