MASIH DITUTUP: Pos perizinan di Tretes, Prigen yang memasang banner penutupan sementara jalur pendakian, Minggu (22/9). (Rizal Syatori/Radar Bromo)

PRIGEN, Radar Bromo – Kebakaran hutan di jalur pendakian kawasan Pondokan, Blok Srangkul, dan Pal telah berhasil dipadamkan sejak Kamis (19/9) malam. Meski begitu, jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang sampai Minggu (22/9) masih belum dibuka.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, di pos perizinan Tretes, Prigen, masih dipampang banner ukuran sedang. Di banner itu tertulis; Pendakian Gunung Arjuno–Welirang Sementara Ditutup.

“Jalur pendakiannya belum dibuka lagi, masih ditutup sementara. Ini, karena di lapangan masih rawan terjadi kebakaran hutan,” ungkap Kepala Resort III Tahura R. Soerdjo Wilayah Pasuruan Agus Budi Utomo.

Penutupan sementara jalur pendakian, ia katakan sengaja dilakukan untuk menjaga keselamatan para pendaki. Mengingat prediksi musim hujan tahun ini masih lama. Musim hujan diperkirakan baru masuk November mendatang.

“Untuk penutupan sementara jalur pendakiannya tercatat yang terakhir ini sudah berjalan lebih dari sepekan. Atau sekitar 11 harian. Rencananya, akan dibuka kembali setelah kondisinya dirasa aman dan telah kondusif lagi,” kata Agus Budi.

Keputusan untuk membuka kembali jalur pendakian sendiri, merupakan kewenangan UPT Tahura R. Soerdjo. (zal/mie)

IKLAN