Pemkab Lumajang Apresiasi Peran Pecinta Alam Dalam Kembangkan Ekowisata Ranupani

DIALOG ALAM: Kampaye kembalikan ekosistem Ranupani dan mengembangkan ekowisata

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang memberikan apresiasi kepada para pecinta alam, yang telah berpartisipasi untuk mengembalikan ekosistem Ranupani dan mengembangkan ekowisatanya.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas atas dukungan yang diberikan oleh teman-teman pecinta alam untuk kembalikan ekosistem dan kembangkan ekowisata di Ranupani,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam Dialog Alam tentang Pengolahan Sampah dan Kearifan Lokal, di Kantor Kepala Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jumat (20/9/2019).

Cak Thoriq juga mengatakan, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk mengembalikan ekosistem dan suasana Ranupani menjadi kembali natural, asri dan sejuk seperti beberapa tahun lalu, serta menambahkan beberapa wahana dan spot untuk destinasi wisata.

“Saya memulai berpikir dan niat, bagaimana secara komperhensif agar Ranupani ini bisa kembali menjadi Ranupani yang sesungguhnya. Dan, untuk mewujudkan hal itu kami sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak terkait,” ujarnya.

Selain itu, dikatakannya, bahwa sebagai upaya tersebut, pihaknya akan melakukan penanaman pohon dan pengerukan tanah atau pelebaran danau yang menyempit karena sedimentasi, dengan menggunakan alat berat dan kerja bakti bersama masyarakat.

“Disamping itu, nanti kami juga akan membenahi dan membangun sejumlah infrastruktur, seperti pelebaran jalan maupun sarana prasarana lainnya, serta membangun sebuah musem di wilayah Ranupani,” katanya.

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Pencinta Alam Gimbal Alas, Malang Satu Jiwa dan Ikatan Pemanjat Tebing Malang (IPTM), yang menghadirikan Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sejumlah Perangkat lingkup Pemkab Lumajang, Forkopimcam Kecamatan Senduro, Pokdarwis dan sejumlah masyarakat Desa Ranupani.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Amanudin menyampaikan ucapan terima ksaih kepada Pemkab Lumajang, TNBTS, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE), para Pecinta Alam dan masyarakat Ranupani yang telah mendukung kegiatan ini untuk menjadikan wisata ranupani menjadi seperti semula.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan, bahwa selain kegiatan Dialog Alam, pihaknya juga menggelar kegiatan Bhakti Sosial berupa pengelolaan sampah dan krafting.

Ia berharap melalui Dialog Alam ini bisa menghasilkan upaya untuk melestarikan lingkungan dan budaya di Ranupani, sehingga nantinya Ranupani bisa lebih diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

 

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan