Dekati Masyarakat melalui Lingustik

Furoidatul Husniah, Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unej bersama pemateri Kuliah Tamu Lingustik di Gedung H lantai 3 FKIP Unej.

JEMBER, RADAR JEMBER.ID – Ratusan mahasiswa mengikuti gelar kuliah tamu yang diadakan oleh Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, kemarin (21/09). Agenda yang mengundang Dr Aceng Ruhendi Saifullah, Ahli Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tersebut membahas seputar telaah linguistik hingga peran linguistik dalam kebutuhan sehari-hari.

Furoidatul Husniah, Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unej mengungkapkan, peserta tidak hanya hadir dari kalangan mahasiswa FKIP saja. Namun datang juga dari fakultas lain hingga mahasiswa pascasarjana. Ini merupakan rangkaian kegiatan yang memang diadakan rutin dalam beberapa pekan. “Pekan lalu kami menyelenggarakan kegiatan serupa. Pekan depan (28/9) juga kami adakan kegiatan semacam ini dengan tema yang berbeda,” tuturnya.

Dalam acara yang berjalan lancar ini tampak keaktifan peserta mengajukan berbagai pertanyaan. Mulai dari mahasiswa hingga dosen sekalipun. Topik yang dibahas beragam, dari isu fungsi linguistik dalam segi hukum hingga kebebasan bersastra. “Kami sengaja memggagas rangkaian acara semacam ini untuk memberikan warna dan variasi kepada mahasiswa, terlebih yang sedang menempuh tugas akhir atau skripsi, agar studi kasus yang diangkat bervariasi,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, harapannya lingustik ini dapat dikembangkan oleh kampus menjadi lembaga yang membantu kebutuhan masyarakat. “Dosen kami sering diundang menjadi ahi bahasa untuk kasus pengadilan. Alangkah baiknya, Unej nantinya memfasilitasi untuk memiliki lembaga advokasi bahasa,” tandasnya.

IKLAN

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti