Mahasiswa Pertanian Harus Siap Jadi Petani

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember mengikuti Jambore Petani Muda 3 yang diselenggarakan oleh PT.Petrokimia Gresik di Gedung Rektorat, Ir.Sigit Soeparjono, beberapa waktu lalu.

Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Jember berharap lulusan fakultas tersebut mau bekerja menggarap sawah. “Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, saat ini di Indonesia 65 % petani berumur diatas 45 tahun. Generasi muda ogah jadi petani, mereka lebih memilih kerja di pabrik. Tentu sangat menggembirakan, bila sarjana pertanian tertarik untuk memilih profesi sebagai petani,”kata Sigit.

Orang nomor satu di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini mendukung langkah PT.Petrokimia Gresik melakukan roadshow ke berbagai perguruan tinggi untuk mendorong mahasiswa pertanian untuk bekerja di sektor pertanian.

“Patut diacungi jempol langkah BUMN mau menyambangi perguruan tinggi dan berbagi pengalaman, untuk memotivasi mahasiswa agar tidak lagi berharap bekerja di pemerintahan” imbuhnya.

Sementara itu Arief Wahyutomo, Manajer Penjualan Produk dan Pengembangan, PT.Petrokimia Gresik menegaskan, dalam kegiatan Jambore Petani Muda 3 tersebut digelar pula talkshow bertemakan Agrosociopreneur Untuk Kemajuan dan Keberlangsungan Pertanian di Indonesia.

Dalam talkshow tersebut, dihadirkan pula alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember Faihsal Irfandi yang telah menjadi manajer muda di salah satu perusahaan pertanian, serta Edy Purwoko, petani sukses buah naga asal Kabupaten Banyuwangi.

“Jambore Petani Muda 3 ini diselenggarakan di 12 perguruan tinggi negeri.di Indonesia, bertujuan untuk memberi kesempatan kepada generasi muda yang memiliki minat dan kemauan untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia” terang Arief.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :