Partisipasi Pemilih di Pilkades Putaran Ketiga Tinggi

IKUT MENCOBLOS. Ribuan pemilih di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari ramai-ramai menggunakan hak suara pada pilkades putaran ketiga.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pesta demokrasi tingkat desa ternyata mampu menarik perhatian warga, seperti di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari. Di perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) putaran ketiga Kamis (19/9), animo pemilih untuk mengikuti proses pencoblosan cukup tinggi.

Nur Kholis, Ketua panitia Pilkades Tegalwangi menjelaskan bahwa pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) mulai pagi hari. “Pemilih di Desa Tegalwangi ini berasal dari tiga Dusun, seperti Jatiwangi, Jatisongo dan Kerangkongan dan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 7.844 orang”tandas Nur Kholis.

Dari catatan panitia Pilkades Desa Jatiwangi, Kecamatan Umbulsari, tepat pukul 10.00 WIB tingkat kehadiran pemilih sebanyak 2189 warga atau 28%, angka tersebut terus bergerak naik hingga pukul 13.00 WIB mencapai 6160 atau 79% pemilih mendatangi TPS.

“Jumlah tersebut belum termasuk pemilih di rumah dan berhalangan hadir ke TPS dikarenakan sakit, panitia pilkades sepakat untuk mendatangi rumah mereka agar tetap bisa mencoblos sebelum pukul.14.00 WIB,” imbuhnya.

Untuk Pilkades Desa Tegalwangi tahun 2019, ada tiga calon kepala desa (cakades), diantaranya adalah petahana Didik Sutiyono, dan dua cakades lain yakni Sucepto dan Andi Budi Wibowo. Sementara itu Junaidi, salah seorang pemilih mengatakan, ia tidak ingin melewatkan begitu saja pilkades, karena itu rugi baginya jika tidak datang ke TPS.
“Pilkades ini kan kepentingan masyarakat, memilih berarti ikut menentukan masa depan desa,” tegas Junaidi.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :