Gapura Jember Raih Penghargaan Nasional

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kegembiraan meliputi warga RW 20/RT 02 Perumahan Pesona Regency, Krajan, Patrang. Mereka mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari panitia Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 sebagai nominator gapura tercantik, awal September ini.

Festival Gapura ini diikuti oleh 1.793 dari seluruh Indonesia. Subandiyono, Ketua RW setempat mengatakan, kegiatan menghias gapura dilakukan oleh warga dan memakan waktu dua minggu untuk mengerjakannya. “Awal mengikuti Festival Gapura Cinta N egeri 2019 itu bermula dari lomba tingkat RW, diikuti oleh 3 RT,” ungkap Subandiyono.

Dalam lomba di tingkat RW itu, panitia memberikan kebebasan berkreasi bagi peserta bahkan mencari model gapura hias dari internet sekalipun namun tidak ada kecocokan.
“Pada saat berlangsung lomba menghias gapura di RW, warga RT 2 Perumahan Pesona Regency melihat di Instagram ada pengumuman Festival Gapura Cinta Negeri dan seketika itu pula gapura mereka diikutkan.”tambahnya.

Panitia Festival Gapura Cinta Negeri sendiri menetapkan persyaratan tertentu seperti  terdapat angka 74 dalam bentuk tiga dimensi kanan kiri, lambang Pancasila, bendera Merah Putih dan kearifan lokal.

“Belum lagi perserta diharuskan mengirimkan 10 foto untuk dikirim ke wesbsite panitia Festival Gapura Cinta Negeri, 4 foto menggambarkan proses pembuatan gapura dan 6 foto bergambar hasil akhir gapura,” terang Lexi Nofianto, bendahara RW 20.

Gapura buatan warga RT. 02 ini tampak cukup bagus, kerangka gapura terbuat dari bambu, sementara bagian atasnya menggunakan baja ringan atau galvalum dan dilengkapi lampu sehingga pada malam hari gapura itu terlihat semarak.

Meskipun belum berhasil menyabet juara satu di Festival Gapura Cinta Negeri 2019, namun keberhasilan masuk sebagai nominator gapura tercantik membuat warga perumahan gembira.

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :