Bandung bukan hanya menjadi tempat untuk menikmati pemandangan alam, tapi kota ini juga menawarkan berbagai galeri seni yang bisa dinikmati oleh para pecinta seni.

Bandung bukan hanya menjadi tempat untuk menikmati pemandangan alam. Kota ini juga menawarkan berbagai galeri seni yang bisa dinikmati oleh para pecinta seni. Wajar bila Bandung menghadirkan galeri-galeri seni, sebab kota ini memang identik sebagai kota yang kreatif dan artistik. Nah, buat kamu yang pengin berkunjung ke galeri seni yang ada di Kota Kembang, langsung saja cari tiket bus Bandung Jakarta pulang pergi.

Galeri seni di Bandung juga enggak cuma diminati para pecinta seni, lho. Masyarakat luas juga mulai meramaikan galeri seni sebagai alternatif wisata, bahkan beberapa galeri seni juga menyediakan kafe yang nyaman untuk bersantai sehingga semakin banyak orang yang datang ke galeri seni. Mau tahu galeri seni apa saja yang ada di Bandung? Berikut rekomendasinya.

  1. Roemah Seni Sarasvati

Yang pertama ada Roemah Seni Sarasvati yang khusus dibuat untuk memperkenalkan karya-karya pelukis Indonesia ternama. Menempati sebuah bangunan berdesain kolonial, tempat ini sejatinya merupakan sebuah proyek dari Sarasvati Art Management.

Galeri seni ini sering digunakan untuk pameran kontemporer, diskusi, dan workshop para seniman lokal maupun internasional. Buat yang ingin berkunjung ke sini terdapat sebuah kafe kecil yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar bersantai selepas menikmati karya seni di Roemah Seni Sarasvati.

  1. Museum Barli

Museum yang sudah dibangun sejak tahun 1992 ini menyuguhkan berbagai lukisan hasil karya seniman ternama Bandung, yakni Barli Sasmitawinata. Ada berbagai lukisan yang bisa kamu jumpai di sini, mulai dari lukisan beraliran realism, impresionisme, dan ekspresionisme. Bagi yang tertarik mengoleksi salah satu lukisannya, terdapat beberapa karya lukisan yang dijual.

Selain lukisan karya Bali, kamu juga bisa menikmati karya seni anaknya, yaitu Agung Wiwekakaputra. Galeri seni juga jadi pameran karya seniman-seniman lain. Kalau merasa haus dan lapar setelah berkeliling museum, kamu bisa bersantai di kafe yang berada di lantai pertama. Bagaimana, tertarik berkunjung ke Museum Barli?

  1. NuArt Sculpture Park

Kalau kamu pernah ke Bali pasti sering melihat patung Garuda Wisnu Kencana. Nah, pembuatnya, I Nyoman Nuarta rupanya berdomisili di Bandung, lho. Pada tahun 2000, lulusan seni rupa ITB ini membuka galeri seni NuArt Sculpture Park. Di NuArt Sculpture Park pengunjung bisa melihat berbagai karya seni patung unik buatan I Nyoman Nuarta dan para seniman Indonesia lainnya. Semua hasil karya patung di sana terbuat dari bahan tembaga dan kuningan.

  1. Galeri Soemardja

Selanjutnya ada Galeri Soemardja yang menjadi salah satu galeri tertua di Bandung. Dibuka pada tahun 1974, nama galeri ini diambil dari nama sang seniman itu sendiri, yaitu Syafe’i Soemardja yang juga merupakan salah satu perancang sistem pendidikan seni di Indonesia. Galeri Sormardja berlokasi di dalam kampus ITB sehingga pengunjungnya lebih banyak didominasi oleh mahasiswa. Kebanyakan karya di sini merupakan hasil buatan mahasiswa seni setempat. Galeri juga menjadi ruang diskusi mauapun seminar seni.

  1. Selasar Sunaryo Art Space

Jika kamu bertanya galeri seni mana yang paling populer di Bandung, Selasar Sunaryo Art Space adalah jawabannya. Tempat ini enggak cuma dikunjungi oleh para penikmat seni, tapi juga oleh masyarakat umum yang enggak terlalu memahami tentang seni. Hal ini dikarenakan tempatnya yang luas dan nyaman, serta dilengkapi juga dengan kafe. Semakin sejuk dengan keberadaan pepohonan di sekelilingnya.

Jadi, museum mana yang ingin kamu kunjungi?

 

IKLAN