Karnaval dan Fashion Show dari Bahan Daur Ulang

KARYA SENDIRI: Ibu-ibu dari RT 007 RW 016 ini mengubah karung goni menjadi pakaian unik, dan ditampilkan dalam karnaval kemarin (15/9).

JEMBER, RADARJEMBER.ID– Ada banyak cara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia. Tak hanya di bulan Agustus, meskipun sudah pertengahan bulan September, masih banyak masyarakat yang merayakannya. Seperti yang dilakukan warga RT 007 RW 016 Perumahan Tegal Besar Permai II, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, yang mengadakan mini carnival dan fashion show dari bahan daur ulang, kemarin (15/9) pagi.

Tak kurang 450 KK dari tujuh RT ikut andil dalam acara ini. Mereka bebas memilih tema kostum. Namun, setiap warga di perumahan itu menampilkan yang terbaik untuk RT-nya masing-masing dengan tema Menyatukan Perbedaan dalam Keberagaman Kreasi.
Menurut Nugraha Bayu Syah Saputra, ketua panitia acara, karnaval ini memang baru sekarang diadakan. Namun untuk lomba, setiap tahunnya selalu ada.

“Masing-masing RT menampilkan kreasi hasil karya warga sendiri. Seperti membuat baju dari bahan kertas koran, karung goni, plastik, sampai bungkus sabun dan mi instan,” paparnya.

Hal ini, lanjut dia, menunjukkan bahwa warga di perumahan tersebut kompak untuk kegiatan hari besar negara. Iwan Sulistyo Hadi, Ketua RW 16 Perumahan Tegal Besar Permai II, sangat mengapresiasi ide-ide dari tiap RT.

“Karnaval ini baru kita adakan, namun antusiasme dari warga ternyata sangat kompak,” imbuhnya.

Selain mini carnival yang menempuh jarak empat kilometer mengelilingi perumahan dan jalan raya, warga juga menampilkan adu bakat fashion show. Tak cuma dinilai warga, dalam fashion show itu juga terdapat juri profesional. “Sehingga dengan penilaian itu, ada kebanggaan tersendiri bagi peserta,” lanjut Iwan.

 

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti