Jaga Eksistensi Bahasa Indonesia Lewat Olimpiade

Ekspresif: peserta olimpiade Bahasa Indonesia saat bercerita

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (FKIP PBSI Unej) konsisten menjaga eksistensi Bahasa Indonesia. Dengan mengelar Olimpiade Bahasa Indonesia SMA sederajat se-Jawa Timur tahap final hari Minggu  (15/9/2019) dengan tema “ Ajang Mempertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Penersatu Bangsa”. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Mas Soerachman lantai 3 Unej.

Olimpiade tingkat SMA sederajat ini bertujuan meningkatkan wawasan bahasa dan sastra Indonesia siswa di tingkat SMA. “Olimpiade ini juga bertujuan menjaga eksistensi dan kecintaan terhadap Bahasa Indonesia di kalangan masyarakat khususnya para anak muda. Untuk tahun ini kita hadir di 13 wilayah regional Jatim-Bali,” ujar Mohammad Ibnu Arofi,  Ketua IMABINA FKIP Unej.

Dalam babak penyisihan yang diikuti sebanyak 1.189 peserta Olimpiade Bahasa Indonesia, akan diambil 25 peserta untuk maju ke babak final yang diadakan di Gedung Mas Soerachman Universitas Jember.

Ibnu menuturkan, Olimpiade Bahasa Indonesia menjadi acara rutin tahunan yang hadir untuk menjaga eksistensi Bahasa indonesia. Sejauh ini, olimpiade yang banyak diselenggarakan adalah di bidang MIPA. Dari kegiatan ini FKIP membantu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Nasional kepada masyarakat.

“Beberapa yang dilombakan antara lain, pembacaan puisi daring, tes tulis, dan bercerita. Olimpiade ini sendiri dilaksanakan di 13 regional yakni Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang, Surabaya, dan Bali,” tambahnya.

Senada, Furoidatul Husniah salah satu dosen FKIP PBSI Unej mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi ajang penyambung silaturrahmi dengan guru-guru bahasa Indonesia  se-Jatim-Bali. “Siswa diharapkan lebih siap dan berani dalam mengerjakan soal dan praktik apresiasi sastra dalam konteks lisan, “harapnya.

Berita Jember Hari Ini dan Berita Jember Terbaru hanya di radarjember.id

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Bagus Supriadi