Pimpinan DPRD Sudah Beres

Tinggal Tunggu Keputusan Gubernur Turun

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Usulan mengenai siapa saja yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD Lumajang sudah beres. Keseluruhan parpol sudah menyodorkan nama kader terbaiknya. Nama-nama itu akan di usulkan ke Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk disahkan.

Kemarin, para anggota dewan itu menggelar rapat paripurna untuk menetapkan calon pimpinan definitif dan mengumumkan fraksi-fraksi yang sudah terbentuk. “Jadi, setelah paripurna ini. Ini kan paripurna penetapan pimpinan definitif. Setelah itu, penetapan ini diusulkan ke gubernur melalui bupati untuk disahkan,” ujar Sutariyono, Sekretaris DPRD Lumajang.

Dengan pembagian proporsional, PKB yang mendapat sebanyak 10 kursi anggota dewan, otomatis dapat jatah ketua. PDIP, partai pemenang kedua, mendapat jatah wakil ketua satu. Disusul Gerindra serta PPP. (Selengkapnya lihat grafis)

Dalam paripurna itu juga disampaikan fraksi-fraksi yang sudah terbentuk. Ada 8 fraksi dalam periode ini. Dari keseluruhan itu, hanya ada 2 fraksi gabungan. Sebab, tidak mencapai 4 kursi. Seperti Nasdem yang memperoleh 3 kursi dan bergabung dengan PAN. “Kemudian Golkar dapat 3 kursi dengan Hanura yang 2 kursi,” tambahnya.
Kabarnya nama-nama calon pimpinan definitif tersebut sudah melayang ke kantor gubernur. Hanya tinggal menunggu keputusan pengesahan turun. Setelah itu, diadakan paripurna untuk pengambilan sumpah dan janji pimpinan definitif. “Sini (kami, Red) hanya memproses dan memfasilitasi. Semoga dalam minggu-minggu ini surat itu turun,” tambahnya.

Setelah itu, baru bentuk alat kelengkapan dewan. Kelengkapan itu meliputi komisi, badan (banggar), badan musyawarah (banmus), badan kehormatan (banker), badan pembentukan perda. Selain itu, alat kelengkapan dewan yang lain seperti pansus.

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :