Lumajang dan Pasuruan Bangun Sinergi

Pertandingan Sepak Bola Persahabatan, Tuan Rumah Ngalah 1-3

DISAMBUT HANGAT: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyambut kedatangan rombongan Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad dalam laga persahabatan sepak bola di Stadion Semeru, pagi kemarin.

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Pemkab Lumajang kemarin malam mendapat kunjungan dari Pemkab Pasuruan. Tak tanggung-tanggung, Bupati Pasuruan yang akrab disapa Gus Irsyad itu datang bersama forkopimda. Kedua daerah bertetangga ini juga saling berbagi potensi daerah dan mengakhiri kunjungan dengan pertandingan persahabatan sepak bola.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menyambut hangat kedatangan Bupati Pasuruan. Awalnya, diagendakan bertempat di Pendapa Arya Wiraraja bagian dalam. Namun, karena diguyur hujan, pertemuan digeser ke area pendapa luar.

Dalam acara itu, banyak hal yang disinergikan. Mulai potensi wisata, hasil bumi, hingga makanan khas daerah. Semua dikemas dalam pemberian cenderamata dan buah tangan dari masing-masing daerah. Saat sambutan pun, kedua bupati terlibat saling bercanda.
“Saat main bola besok, tidak penting berapa golnya. Yang penting, berapa kali kita jatuh saat ngejar bola,” ucap Cak Thoriq yang membuat seisi pendapa riuh dengan tawa. Bukan hanya pertandingan persahabatan, juga ada pembagian door prize yang disediakan tuan rumah.

Potensi Lumajang, mulai dari wisata Ranupani, puncak B-29 yang disebut negeri di atas awan, termasuk hasil bumi seperti pisang, salak, dan lainnya, disampaikan dalam kesempatan itu. “Jadi, kalau menyapa Pasuruan, tinggal dada-dada dari atas puncak B-29 itu bisa, hehehe,” canda Cak Thoriq.

Candaan itu juga direspons Bupati Pasuruan, Gus Irsyad. “Tidak masalah, kita juga punya mangga. Dan cara mengupas mangga muter. ASN pasti bisa semua. Kalau Lumajang belum tentu. Nanti tolong diajari cara ngupas pisang muter,” ungkapnya.

Selain candaan lainnya yang membuat suasana begitu mencair, kemegahan Pendapa Arya Wiraraja juga tidak luput dari sindiran Gus Irsyad. “Belum setahun sudah memberi nama Arya Wiraraja. Saya sudah melewati dua periode berjalan, belum memberi nama. Hati-hati periode kedua,” candanya. Suasana makin akrab saat kedua bupati berduet nyanyi.
Usai acara malam hari itu. Keesokan harinya dalam laga persahabatan, tim tamu Pasuruan berhasil unggul dengan skor 1-3. “Pertandingan tersebut merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas),” kata Ir Paimin, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Lumajang. Haornas dilalui dengan senam bersama seluruh ASN yang ada di setiap dinas. Setelahnya, digelar pertandingan sepak bola persahabatan.

IKLAN

Reporter : mg3

Fotografer : Atieqson Mar Iqbal

Editor : Hafid Asnan