Guru Wajib Tunjukkan Keteladanan

BEKALI PELATIHAN: Puluhan Guru TK se-Kabupaten Jember saat mengikuti pelatihan di Aula Dispendik Jember.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kemajuan teknologi turut berpengaruh pada dunia pendidikan, mulai dari lembaga pendidikan tingkat paling dasar, seperti taman kanak-kanak (TK). Para guru dituntut tidak sekadar mengajar, namun memberikan keteladanan kepada peserta didiknya.

Tugas dan tanggung mereka bukan perkara mudah. Guru TK dituntut mampu menguasai berbagai hal. Mulai dari kemampuan menggunakan pembelajaran berbasis teknologi, memahami dan mendidik karakter pelajar, hingga memiliki kepribadian yang baik.

“Guru perlu mengembangkan kemampuannya berbagai aspek mengajar. Karena tuntutan sekarang kompleks,” kata Muhammad Miskun, Kasi Pendidikan Agam Islam Kemenag Jember dalam pelatihan pengembangan potensi guru TK di aula Dispendik Jember, Rabu (11/9) lalu.

Menurut dia, keberadaan guru TK memiliki posisi penting sebagai gerbang awal pendidikan seorang anak. Oleh karenanya, pihaknya menyelenggarakan pelatihan khusus bagi guru TK agar mampu menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Terutama dalam membentuk karakter para pelajar.

Di hadapan 40 guru TK se-Kabupaten Jember, Miskun meminta guru menunjukkan keteladanan. Dia meyakini materi pelajaran yang diberikan akan mudah diserap dan dipahami oleh peserta didik jika dipraktikkan pula oleh gurunya yang mengajarnya.
“Anak-anak sekarang tanpa belajar sudah pintar, salah satunya pintar main android, bahkan gurunya bisa saja kalah. Pentingnya keteladanan itu adalah kontrol mereka dalam menggunakan gawai,” jelasnya.

Para guru TK tersebut dibekali berbagai kemampuan yang mendorong kompetensi mengajarnya. Seperti kemampuan mengajar, pemahaman seputar dunia anak, kemampuan IT, pengolahan media belajar dan karakter yang harus mereka miliki.
“Mereka ini tidak hanya kami godok dengan diklat, namun diberi tugas khusus untuk terus bisa mengevaluasi kualitas mereka,” imbuhnya.

Miskun juga menegaskan peran terpenting guru TK adalah kepribadian. Mereka tidak sekadar mengajar, namun harus peka terhadap kebutuhan anak-anak. “Anak TK itu ibarat kertas putih, maka tergantung para guru akan dibentuk seperti apa. Oleh karenanya, guru-guru ini kita bekali cara membentuk karakter anak yang ideal sesuai dengan usia mereka,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Bagus Supriadi