Gelar Salat Gaib untuk Almarhum BJ Habibie

BEGITU KHUSYUK: Pelajar MAN 3 Jember menggelar salat gaib dan doa bersama untuk mengenang wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di aula sekolah, kemarin. (VIVI AZIZATUL MUAROFAH FOR RADAR JEMBER)

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie memantik empati berbagai kalangan. Para pelajar di MAN 3 Jember turut mendoakan kepulangannya. Yakni dengan menggelar salat gaib dan doa bersama di aula sekolah, kemarin (13/9).

Banyak pelajar yang terinspirasi dari tokoh intelektual tersebut. Mereka termotivasi untuk melanjutkan cita-cita dan perjuangan almarhum. “Selain tokoh yang sukses di bidang politik dan teknologi, beliau juga terkenal sebagai pria yang setia,” kata Vivi Azizatul Muarofah, Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 3 Jember.

Menurutnya, BJ Habibie memiliki kontribusi besar dalam pembangunan teknologi dan demokrasi Indonesia. Hal itu membuat Vivi dan para pelajar lainnya tergerak untuk melakukan gerakan doa bersama untuk BJ Habibie.

Dia menilai BJ Habibie juga sebagai sosok yang jenius dan religius. “Beliau itu sering berpuasa Senin Kamis, juga salat malam. Di saat bangsa kita gagap teknologi, beliau muncul dengan teknologi pesawat terbangnya,” imbuh siswi kelas XII itu.
Oleh karena itu, wafatnya BJ habibie harus mampu menginspirasi generasi bangsa agar optimistis menjalani kehidupan. “Kita boleh terlahir dari desa, tapi cara berpikir kita harus visioner seperti beliau,” tambahnya.

Sementara itu, Imam Musthofa Zuhri, Wakil Kepala Hubungan Masyarakat (Waka Humas) MAN 3 Jember, menambahkan, doa bersama untuk almarhum BJ Habibie itu diikuti oleh sekitar 100 pelajar dan guru. Mereka menggelar salat gaib secara bergantian dan melaksanakan tahlilan serentak.

“Saat beredar kabar beliau wafat, semua orang berkabung. Karena merasa kehilangan sosok pria yang multitalent. Termasuk kami di lembaga ini,” ucapnya. Dia menjelaskan bahwa agenda salat dan doa bersama itu dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan bagi jasa-jasanya.

Dia berharap, para anak didiknya mampu mengambil pelajaran yang besar atas kepulangan BJ Habibie. “Banyak keteladanan yang bisa kita ambil,” pungkasnya.

IKLAN

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi