Salam dan Rasyid Kembalikan Formulir

DAFTAR: Rasyid Zakaria menyerahkan formulir bacabup ke PDIP, kemarin. Kedatangannya diarak dengan kesenian tradisional reog menuju kantor PDIP Jember.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pengembalian formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati ke PDIP bertambah. Rasyid Zakaria, Kepala BPDB Jember dan Abdus Salam, pengusaha properti resmi mengembalikan formulir sebagai syarat pendaftaran bacabup, kemarin (12/9). Kehadirannya diantar sejumlah orang dan diarak kesenian tradisional reog.

Rasyid yang datang langsung disambut Tim Penjaringan Bacabup PDIP seperti penyambutan bakal calon yang lain. Tanpa panjang lebar, Rasyid pun menyerahkan berkas pendaftaran yang telah diambil beberapa hari yang lalu.

Dia mengaku datang bersama sejumlah kalangan. Mulai dari warga NU, pelaku seni dan budaya, serta elemen lainnya. “Mudah-mudahan partai ini bisa merekomendasikan saya,” harapnya.

Dirinya mendaftar ke PDIP bukan asal-asalan. Dia mengklaim, dirinya sudah memiliki modal suara yang cukup berdasar hasil survei internal para pendukungnya melalui lembaga survei nasional tepercaya.

“Saya percaya pada lembaga survei karena teknis surveinya berdasarkan keilmuan. Hasilnya sudah saya sampaikan, biar partai nanti yang menilai popularitas dan elektabilitas saya sampai di mana. Hasilnya cukup baik, apalagi saya belum pernah memasang gambar,” jelasnya.

Untuk saat ini, Rasyid mengaku sedang fokus mendapatkan rekomendasi dari partai. Adanya dukungan dari sejumlah elemen menurutnya akan sia-sia tanpa ada rekomendasi partai.

“Hari ini saya berpikir agar mendapat rekomendasi dan Koalisi Semangka (partai merah dan hijau, Red) dulu. Teman-teman semua tahu, saya kader NU. Patuh pada ulama dan para kiai. NU mendukung, karena saya memang kader. Tetapi apa artinya kalau belum dapat rekom. Maka saya akan memperjuangkan ini dulu,” paparnya.

Sementara itu, Salam menambahkan dirinya memantaskan diri apakah layak mendapat rekomendasi dari PDIP. Dia juga sedang mendekati partai lain

Juru bicara Tim Penjaringan Bacabup PDIP, Lukman Winarno mengatakan, pihaknya tetap menunggu sembilan orang lain yang belum mengembalikan berkas pendaftaran. Pendaftaran itu pun akan terus dibuka hingga hari Sabtu (14/9). Berkas yang masuk, nantinya akan diverifikasi di internal PDIP yang rencananya akan dilakukan pada 15-16 September 2019.

“Untuk kelengkapan berkas, sudah ada check list-nya. Bagi yang berkasnya masih kurang, maka akan diberi kesempatan untuk melengkapinya. Berkas sudah selesai, akan dikirim ke DPD untuk proses penyaringan. Selanjutnya, baru akan disaring lagi dan ditetapkan DPP PDI Perjuangan,” pungkasnya. (nur/c2/gus)

 

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Jumai

Editor : Bagus Supriadi