Darlin Raih Medali di Kejurnas

Kalahkan 26 Lawan di Kelasnya

PERSIAPAN CUKUP MATANG: Karateka Jember, Darlin Naziel Ikmaliyah (tiga dari kanan), berhasil menyabet medali perunggu dalam kejuaraan nasional (kejurnas) di Jakarta. (DARLIN NAZIEL for RADAR JEMBER)

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Salah satu karateka Jember menorehkan prestasi apik dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Piala Menpora 2019. Dialah Darlin Naziel Ikmaliyah yang masih berusia 13 tahun. Ia mampu menyabet medali perunggu di kelas pemula putri.

Kejurnas Lemkari Piala Menpora tersebut digelar tanggal 6-8 September lalu, di Gedung POPKI Cibubur Jakarta Timur. Perempuan asli Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, ini berhasil mengalahkan 26 orang lawan di kelasnya. “Saya bertanding mewakili Jawa Timur. Sebelumnya, ikut seleksi dan bertanding di tingkat kejurda di Bondowoso dan kabupaten lainnya di Jawa Timur,” ungkap perempuan yang akrab disapa Darlin ini.

Sebelumnya, dia sudah mempersiapkan dengan matang untuk kejurnas tahun ini. Bahkan, dia berlatih rutin hingga empat kali selama seminggu. “Biasanya hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu saya latihannya,” ucap perempuan yang masih duduk di kelas 8 SMPN 6 Jember ini.

Dia menambahkan, setelah latihan rutin empat kali seminggu, dia memperbanyak porsi latihannya. “TC selama sebulan penuh. Alhamdulilah ada hasil. Semoga di kejuaraan berikutnya saya bisa dapat medali emas,” harap Darlin.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi secara terpisah, Helmi Yudho, pelatih karate Darlin mengatakan, perkembangan olahraga bela diri asal Jepang ini cukup bagus di Jember. Sayangnya, peralatan dan fasilitas yang minim masih menjadi kendalanya. “Olahraga karate ini murah. Sayang di dojo (tempat latihan, Red) kami belum ada alat yang standar. Akhirnya, sementara ini kami bertahan dengan alat yang ada,” terang Helmi.

Apalagi, lanjut dia, untuk persiapan menjelang kejuaraan, pihaknya harus berupaya sebaik mungkin untuk menggelar persiapan. “Akhirnya, kami swadaya sendiri. Padahal, kami dengan lawan-lawan imbang sebenarnya permainannya,” ucap pria yang kemarin juga menjadi official tim Jawa Timur dalam Kejurnas Lemkari ini.

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti