Pimpinan Dewan Tunggu SK Gubernur

KOORDINASI AWAL: Anggota DPRD dari Partai Nasdem menggelar rapat awal di gedung dewan, dua hari lalu. Salah satu yang dibahas adalah pembentukan fraksi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Empat nama calon pimpinan definitif DPRD Kabupaten Jember akhirnya ditetapkan dalam rapat paripurna, kemarin (11/9). Keempat nama dari empat partai papan atas di Jember yang ditetapkan sudah beredar beberapa pekan sebelumnya.

Masing-masing nama yang ditetapkan yaitu M Itqon Syauqi, politisi PKB yang ditetapkan sebagai calon Ketua DPRD Jember, Dedy Dwi Setiawan dari Partai Nasdem sebagai calon Wakil Ketua 1 DPRD Jember, dan Ahmad Halim dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua II DPRD Jember. “Dari PDIP yang ditetapkan yaitu Agus Sufyan sebagai Wakil Ketua III,” kata Itqon, kemarin.

Dari rapat penetapan itu, menurutnya, masih ada satu lagi yang harus ditempuh. Yaitu berkas penetapan calon pimpinan berdasar rekomendasi dari masing-masing partai politik akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur terlebih dahulu. “Yang jelas, berkas penetapan calon pimpinan baru akan definitif setelah ada surat keputusan (SK) dari Gubernur Jatim,” jelasnya.

Proses pengiriman berkas empat calon pimpinan dewan, kata Itqon, akan dikirim oleh bagian kesekretariatan dalam waktu dekat. “Targetnya pekan ini sudah dikirim,” kata Itqon. Dirinya optimistis kesekretariatan DPRD juga bisa bekerja cepat.

Setelah berkas dikirim, maka SK dari gubernur Jatim tinggal ditunggu. Begitu disinggung kapan SK akan bisa turun, Itqon tidak bisa memastikan. “Karena kewenangannya ada pada Gubernur, maka waktunya bukan kami yang menentukan. Harapannya, SK bisa cepat turun. Kalau keinginan kami, pekan depan sudah bisa selesai,” katanya sambil tersenyum.
Apabila SK pimpinan DPRD Jember sudah turun, maka keempat nama yang direkomendasi keempat partai yang memperoleh kursi terbanyak akan kembali dilantik alias diambil sumpahnya. “Kalau sekarang ini hanya penetapan saja, kemudian baru diajukan. Kalau SK dari gubernur turun, maka pengambilan sumpahnya dilakukan dalam rapat paripurna,” urainya.

Disinggung terkait tugas pimpinan DPRD sementara, Itqon menyebut berjalan lancar. Setelah melakukan penetapan fraksi-fraksi dan menetapkan calon pimpinan definitif, pihaknya juga menyiapkan draf tata tertib. “Untuk tatib sudah dibahas oleh masing-masing fraksi. Nanti, rencananya Senin akan dibahas lagi,” ucap Itqon.

Dari sebanyak tujuh fraksi yang membahas draf tatib, menurutnya ada beberapa saran dan masukan. Ada pasal yang dikurangi, ditambah, termasuk diubah redaksionalnya. “Yang saya tahu, dari tujuh fraksi seluruhnya memberikan catatan. Apa saja yang mereka sampaikan, nanti akan dibahas hari Senin,” ungkapnya.

Tatib yang kini masih ada pada ketujuh fraksi, nantinya akan disesuaikan dalam rapat bersama. Itqon mengaku segala perubahan akan dibahas pada rapat terbuka bersama seluruh anggota dewan. “Apa saja perubahannya bisa dilihat nanti,” pungkas Itqon.

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer :

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti