Tiga Rumah Terbakar

Diduga karena Tabung LPG NgowosSatu Orang Meninggal, Dua Luka-Luka

ANALISA: Kanit Polsek Tapen (kiri) saat mengidentifikasi kejadian. Dia mengamati berbagai benda yang berhubungan dengan kejadian.

BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – Kebakaran hebat melanda tiga rumah di Dusun Taman, Desa Mrawan, Tapen. Tiga rumah yang dihuni oleh keluarga besar itu dua di antaranya hangus tanpa sisa. Sedangkan satu rumah milik Karyatin yang masih berdiri, bagian atapnya terbakar.

Ironisnya, kebakaran tersebut menewaskan Abdul Karim, 46 tahun. Dia adalah penghuni rumah paling timur. Korban tinggal sendirian. Selama ini, korban mengidap penyakit ganggungan kejiwaan. Saat api berkobar, ia sempat keluar, namun masuk ke dalam rumah lagi.

Penelusuran Jawa Pos Radar Ijen, sumber api berasal dari rumah yang posisinya berada di tengah. Yakni rumah pasangan Sari dan Sentot. Kedua orang ini adalah orang tua dari Karyatin. Di rumah ini, ada toko peracangan yang juga menjual bensin. “Saat kejadian, akan ada hajatan. Jadi, ada saudaranya yang membantu membuat kue,” ujar Bu Kus, warga sekitar.

Kebakaran hebat itu terjadi sekitar pukul 8.40. Warga sekitar lokasi mendengar beberapa kali ledakan. Diduga kuat ledakan itu dari tabung gas LPG yang bercampur bensin, sehingga api membara begitu besarnya.

Begitu mengetahui kejadian, muspika setempat langsung menghubungi pemadam kebakaran. Sekitar satu jam kemudian, api bisa dijinakkan. Namun, rumah sudah terbakar habis. Saat api baru saja dijinakkan itulah, ditemukan mayat yang sudah tidak berbentuk. Mayat itu lantas dibawa ke RSD Koesnadi.

Sementara itu, ada dua korban lainnya, yakni Bu Yit dan Suryamah. Saat kejadian, keduanya tengah membuat kue di rumah Bu Sari. Sedangkan Karyatin tengah berada di kantor desa, tempat kerjanya. Sentot, selaku kepala keluarga, saat kejadian berada di pasar. “Bu Sari, istrinya Sentot, ada di rumah Karyatin, sehingga tidak luka,” ujar Sudjono, Kades Mrawan.

Kapolsek Tapen AKP Admadi Yuda Leksana melakukan olah kejadian perkara bersama tim. Hasil penyelidikan sementara, diduga kuat kebakaran karena tabung gas LPG yang bocor. Ketika tersambar api, terjadi kebakaran. Sementara di rumah itu, pemiliknya menjual bensin. “Sementara masih dalam lidik. Namun, diduga dari lelehan tabung gas, itu karena kebocoran tabung gas,” jelasnya.

Korban meninggal dikirim ke RSD Koesnadi dan dua orang yang luka-luka ada dirawat di Puskesmas Tapen.

IKLAN

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Hafid Asnan