Gunung Tembok Terbakar Lagi

MANUAL: Warga terlihat berupaya menjinakkan api yang membakar daun kering di Gunung Tembok. Hingga malam ini, api belum berhasil dipadamkan.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Gunung Trianggulasi atau lebih dikenal dengan Gunung Tembok di Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas, terbakar lagi, Rabu (11/9). Bahkan, hingga malam ini api masih belum berhasil dipadamkan karena terus merembet ke semak-semak dan dedaunan kering yang rontok.

Terbakarnya Gunung Tembok yang banyak tanaman pohon jati dan bambu itu banyak daun kering. Sehingga ketika ada daun yang terbakar, maka akan merembet ke tempat lainnya. Peristiwa ini membuat warga waswas. Mereka khawatir akan terus meluas.

Karena jarak lokasi Gunung Tembok dengan permukiman warga jaraknya cukup dekat. Apalagi, kebakaran ini sudah yang kedua kalinya dalam waktu sepekan terakhir. Sebelumnya, Gunung Tembok terbakar di tiga titik lokasi pada Jumat (6/9) malam.

Hingga semarang belum diketahui secara pasti penyebab peristiwa kebakaran kedua ini. Untuk memadamkan api yang terus merembet, warga berupaya memadamkan dengan cara manual. Mereka menggunakan kayu atau bambu. Karena lokasinya ada di beberapa titik dan jauh dari jalan.

Muspika setempat bersama BPBD Jember dan warga terus berupaya memadamkan api. Sambil menunggu mobil damkar yang menuju lokasi. “Karena di Gunung Tembok ini banyak tanaman pohon jati dan bambu sehingga mudah terbakar. Apalagi di musim kemarau ini,” ujar Arsa Joyo Widono, Kasi Kedaruratan BPBD Jember.

Pihaknya mengimbau kepada siapapun yang sering ke Gunung Tembok untuk tidak membakar sampah kering. “Dan tidak membuang puntung rokok sembarangan,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih