PKB-Nasdem Masih Adem Ayem

KEMBALIKAN FORMULIR: Hendy Siswanto, pendaftar penjaringan bacabup mengembalikan formulir pendaftaran di kantor PDIP Jember, kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sejumlah partai di Kabupaten Jember sudah memanasi mesin politik masing-masing untuk mengusung dan mendukung bakal calon bupati dan wakil bupati. Namun, di antara sebelas partai yang masuk parlemen, ada dua partai yang masih adem ayem. Keduanya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Ketua DPD Nasdem Jember Marzuki Abdul Ghofur mengatakan, Nasdem hingga saat ini belum melakukan pembahasan mengenai siapa nama bakal calon bupati yang akan diusung pada pemilihan bupati 2020 nanti. Begitu pula mengenai proses pendaftaran atau penjaringan bakal calon oleh partainya.

“Saya terus terang saja. Mengenai penjaringan, belum ada instruksi dari DPP. Makanya, kami juga belum melakukan rapat dan belum membahas penjaringan bacabup itu,” kata Marzuki kepada Jawa Pos Radar Jember, kemarin (9/9).

Marzuki menegaskan, sebagai petugas partai yang menjadi ketua DPD di Jember, dirinya masih menunggu perintah atau instruksi dari DPP Partai Nasdem. “Saat ini kami masih menunggu instruksi dari DPP. Tanpa ada instruksi, kami tidak akan melakukan penjaringan,” papar Marzuki.

Sementara itu, PKB belum memberi keterangan terkait mekanisme atau proses penjaringan bacabup. Ketua DPC PKB Jember Syaiful Bahri Ansori belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi, nomor teleponnya tidak aktif hingga berita ini ditulis.Dua partai ini seolah bergeming. Padahal, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memacu mesin politik mereka. Setelah membuka penjaringan bakal calon bupati beberapa waktu lalu, kemarin salah satu pendaftar, Hendy Siswanto, telah mengembalikan formulir pendaftaran bacabup ke kantor PDIP Jember, di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang.

Hendy menegaskan, dirinya datang mendaftar cabup ke PDIP karena niat tulus serta dorongan dari banyak orang. Ditanya mengapa dirinya memilih PDIP sebagai kendaraan, Hendy menyebut, karena merupakan partai yang membuka pendaftaran kali pertama. “PDIP yang pertama sekarang membuka penjaringan, sementara yang lain saya belum paham,” katanya.

Hendy juga tak menutup kemungkinan bakal menggalang dukungan partai lain, semisal Partai Demokrat. Sebab, ada salah satu keluarganya yang menjadi anggota DPRD dari partai berlambang Mercy tersebut. Bahkan, Hendy berharap, bukan hanya Demokrat yang mendukungnya. “Jika direkomendasi PDIP, bukan hanya Demokrat yang saya harapkan. Kalau bisa semua partai bergabung bersama-sama membangun Jember,” pungkasnya.

Sekadar Informasi, selain Hendy, juga ada beberapa orang yang sebelumnya mengambil formulir ke PDIP. Hanya saja, baru Hendy yang mengembalikan berkas pendaftaran. Beberapa nama bacabup yang muncul yaitu Rasyid Zakaria, Ahmad Anis, Eko Heru Sunarso, Abdus Salam, dan Haidar Ulum. Nama terbaru adalah Abdul Rahman.

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih