Memasyarakatkan Cabor Bridge

Jember Jadi Tuan Rumah Kejurprov Bridge

KONSENTRASI: Para peserta cilik Kejuaran Provinsi Jawa Timur cabor bridge tengah fokus dalam pertandingan kategori pasangan, kemarin (8/9).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Jember menjadi tuan rumah Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) bridge Jawa Timur di GOR Perjuangan 45 Politeknik Negeri Jember (Polije). Pelaksanaannya sejak 6 hingga 8 September. Kejurprov kali ini diikuti 208 peserta di kategori pasangan dan 76 orang di kategori beregu.

Nomor yang dipertandingkan pun ada enam nomor kelompok usia (KU). Mulai dari KU-12, 15, 18, 21, 25, dan KU bebas.  Di  kategori pasangan, KU-18 tercatat peserta terbanyak yakni 52. Kategori beregu, KU-18 juga paling banyak, yakni mencapai 18 orang.

Dalam Kejurprov kali ini, ada 20 kabupaten/kota yang turut ambil bagian. Mulai dari Sidoarjo, Surabaya, Malang, Bojonegoro, Pasuruan, Nganjuk, Tulungagung, hingga Pacitan.

Olahraga kartu yang memainkan strategi, ide, dan pikiran ini masih cukup diminati. Itu terlihat dari dua nomor KU-12 dan KU bebas yang juga masih banyak menyedot peserta.

Kejuaraan bergengsi tingkat provinsi ini sekaligus menjadi ajang promosi olahraga bridge di kalangan masyarakat Jember. Ketua umum Pengkab Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Jember Saiful Anwar menyambut positif Kejurprov ini.

“Kebanyakan orang awam dengan permainan kartu remi ini. Tidak semua orang paham dengan olahraga bridge yang sudah menjadi olahraga resmi dan dipertandingkan di kejuaraan resmi,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Direktur Polije ini.

Selain itu, Kejurprov kali ini juga melibatkan beberapa mahasiswa Polije. Nantinya, mereka dikenalkan dan dilatih tata cara bermain bridge.  Ke depan, pembinaan atlet mahasiswa pun masih berjalan. “Cabor bridge ini harus familier di kalangan mahasiswa. Nantinya, bisa membentuk semacam unit kegiatan mahasiswa (UKM) olahraga bridge,” papar Saiful.

Cabor bridge ini bahkan sudah dipertandingkan dalam dua kejuaraan besar sebelumnya. Yaitu, Sea Games tahun 2017 dan Asian Games tahun 2018 kemarin.

 

Berita Jember Hari Ini dan Berita Jember Terbaru hanya di radarjember.id

IKLAN

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi